ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK BUAH TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.) DOMESTIK DAN IMPOR DI PASAR TOS 3000 KOTA BATAM PROVINSI KEPRI

Syahda, Yulyana Ul’Iman and Putri, Suci Asrian and Ellys, Yuliarti (2023) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK BUAH TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.) DOMESTIK DAN IMPOR DI PASAR TOS 3000 KOTA BATAM PROVINSI KEPRI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
KARYA ILMIAH SYAHDA (E1D017054) - Syahda Yulyana Ul'Imanᅮ o ᅮ.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Buah tomat dikenal sebagai tanaman yang mudah ditanam. Hampir semua provinsi di Indonesia memproduksi buah tomatnya sendiri. Untuk wilayah Kepulauan Riau, beberapa wilayah tidak memproduksi buah tomat salah satunya Batam. Terkenal akan kota industri dengan sedikit lahan tempat bercocok tanam, sehingga kebanyakan produk hasil pertanian di pasar tradisional Batam sebagian didatangkan dari daerah luar daerah (domestik) dan luar negeri (impor), termasuk buah tomat. Salah satu pasar tradisional yang menyediakan produk buah tomat impor adalah Pasar Tos 3000. Asal yang berbeda juga berdampak pada perbedaan keunggulan pada kedua buah tomat tersebut. Penilaian konsumen terhadap produk buah tomat serta kepuasan konsumen terhadap produk yang dibeli menjadi penting bagi pedagang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kepuasan konsumen terhadap produk buah tomat domestik dan produk buah tomat impor di pasar tradisional, Pasar Tos 3000. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif, Importance Performance Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut kedua produk tersebut berada pada kategori sangat puas dimana kepuasan terhadap buah tomat impor lebih tinggi dibanding buah tomat domestik masing – masing 94,36% dan 90,21%. Ini menunjukkan bahwa diluar upaya pedagang buah tomat di Pasar Tos 3000 Batam dalam meningkatkan produk buah tomat, selera dan referensi pribadi konsumen akan menjadi penentu utama konsumen dalam memilih buah tomat yang akan dikonsumsinya. Kata kunci : Kepuasan Konsumen; Buah Tomat; Domestik; Impor

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 24 Sep 2024 04:03
Last Modified: 24 Sep 2024 04:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21561

Actions (login required)

View Item View Item