Sheren, Bella and M. Zulkarnain, Yuliarso and Ridha, Rizki Novanda (2023) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN MEMBELI SAYURAN SECARA ONLINE DENGAN APLIKASI KUPESAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
Sheren Bella_E1D018044 - Sheren Bella.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Teknologi di era digitalisasi saat ini telah dimanfaatkan di berbagai bidang tidak terkecuali pada bidang pertanian. Dengan menggunakan teknologi internet, penjual sayuran dapat menjangkau konsumen lebih luas dan konsumen tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja sayuran. Platform e-commerce yang fokus pada bidang pertanian di Kota Bengkulu di antaranya adalah KUPESAN, Sayur Buk, Sayur Online Kito Bengkulu, Hiros farm, Rajo Sayur dan Hallo Pasar. Semakin banyaknya platform e-commerce sayur online di Kota Bengkulu ini mengakibatkan persaingan antar bisnis semakin ketat. Perbedaan antara KUPESAN dengan platform sayur online yang lain adalah KUPESAN telah memiliki platform e-commerce pribadi yang dapat memudahkan konsumen dalam memesan sayur. Saat ini Aplikasi KUPESAN memiliki jumlah unduhan yang lebih banyak dibanding toko sayur online yang lain di Google Play Store. Selain itu KUPESAN merupakan Platform sayur digital pertama di Kota Bengkulu yang dibentuk di bawah naungan PT. Warta Bumi Rafflesia pada tahun 2019. Ketatnya persaingan yang ditimbulkan dikarenakan munculnya platform ecommerce tersebut, menuntut Kupesan untuk memenangkan persaingan. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu mendapatkan kepuasan konsumen dengan cara meningkatkan atribut yang dianggap penting oleh konsumen. Perusahaan dapat mengetahui kepuasan konsumen dengan cara melakukan analisis dari penilaian konsumen yang melakukan transaksi dan menggunakan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen dan mengetahui atribut apa saja yang perlu untuk diperbaiki dan dipertahankan oleh Kupesan. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Kupesan yang pernah berbelanja ≥ 1 kali yaitu sebanyak 205 konsumen. Dengan menggunakan rumus Slovin diketahui bahwa sampel yang dibutuhkan pada penelitian ini sebanyak 67 sampel. Metode analisis yang digunakan yaitu metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan konsumen terhadap kupesan sebesar 86,53% yang berarti bahwa konsumen kupesaan merasa sangat puas ketika berbelanja sayuran di Kupesan. Atribut yang perlu untuk diperbaiki oleh Kupesan yaitu atribut harga, konsumen berharap Kupesan dapat memberikan potongan harga pada saat tertentu seperti pada hari raya maupun hari libur nasional. Atribut yang perlu untuk dipertahankan kualitasnya yaitu atribut kualitas produk dan kualitas pelayanan karena produk ini memiliki tingkat kepentingan yang tinggi bagi konsumen, dan terakhir atribut yang dianggap berlebihan yaitu atribut kemasan. Kata Kunci : E-Commerce, Kepuasan konsumen, Sayur Online
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness |
Depositing User: | Sugiarti, S.IPust |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 02:11 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 02:11 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21591 |
Actions (login required)
View Item |