FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI POLA PANGAN HARAPAN (PPH) PADA RUMAH TANGGA PETANI PADI SAWAH (Studi Kasus Desa Gunung Meraksa Baru Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang)

Afrilia, Utarini and Satria, Putra Utama and Putri, Suci Asriani (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI POLA PANGAN HARAPAN (PPH) PADA RUMAH TANGGA PETANI PADI SAWAH (Studi Kasus Desa Gunung Meraksa Baru Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Afrilia Utarini (E1D017152) format fakultas - Afrilia Utarini.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Pola Pangan Harapan (PPH) merupakan kumpulan beragam jenis dari jumlah kelompok pangan utama yang dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan zat gizi dan energi pada komposisi yang seimbang. Skor PPH mencerminkan mutu gizi konsumsi pangan dan tingkat keragaman konsumsi pangan. Keanekaragaman pangan dari berbagai kelompok pangan mencakup: (1) padi-padian, (2) umbi-umbian, (3) pangan hewani, (4) minyak dan lemak , (5) buah/biji berminyak, (6) kacang-kacangan, (7) gula, (8) sayur dan buah, (9) lain-lain. Idealnya skor Pola Pangan Harapan (PPH) yang harus dicapai agar dapat dikatakan pola konsumsi pangan yang terdiversifikasi yaitu sebesar 100. Penelitian dilakukan di Desa Gunung Meraksa Baru Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang dengan menggunakan metode purposive atau sengaja. Jumlah responden yaitu sebanyak 76 rumah tangga petani padi sawah yang ditentukan dengan metode Proportional Random Sampling. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan teknik analisis menggunakan metode regresi linear berganda, analisis tersebut menggunakan bantuan aplikasi Statistical Package for the Social Science (SPSS). Hasil penelitian yang diperoleh total skor pola pangan harapan rumah tangga petani padi sawah yaitu 80, 4 yang berarti skor pola pangan harapan tersebut belum mencapai standar pola pangan harapan nasional. Analisis faktor yang memberi pengaruh terhadap pola pangan harapan adalah faktor pendidikan ibu, jumlah anggota keluarga, pendapatan, pengeluran dan pengetahuan gizi ibu pada taraf kepercayaan 95 % dan umur ibu rumah tangga dengan taraf kepercayaan 90%. Kata kunci : Struktur Pendapatan, Pola Pengeluaran Konsumsi, dan NTPRP.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 25 Sep 2024 02:55
Last Modified: 25 Sep 2024 02:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21594

Actions (login required)

View Item View Item