ANALISIS SOAL BAHASA INDONESIA BUATAN GURU KELAS VII SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU BERDASARKAN KARAKTERISTIK SOAL YANG BAIK

Anggraini, Vita and M. Arifin, M. Arifin and Catur, Wulandari (2024) ANALISIS SOAL BAHASA INDONESIA BUATAN GURU KELAS VII SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU BERDASARKAN KARAKTERISTIK SOAL YANG BAIK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Dokumen dari Vita Anggraini - Vita Anggraini.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana karakteristik soal yang baik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian ini berupa soal pilihan ganda berjumlah 25 soal dan 60 jawaban siswa kelas VII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menganalisis butir soal dilihat dari jawaban siswa dan kunci jawaban dengan bantuan program komputer SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa soal bahasa indonesia buatan guru kelas VII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu hanya ada 8 soal yang memenuhi seluruh aspek soal yang baik. Hasil tiap aspek analisis soal yang baik diperoleh (1) validitas tes kelas VII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu adalah 0,29412. Jika dilihat dari koefisien korelasinya berada antara 0,200 sampai dengan 0,400 dikategorikan rendah. (2) reliabilitas tes Bahasa Indonesia yang diberikan kepada siswa kelas VII dengan korelasi rhitung 0,432 apabila dikonsultasikan dengan rtabel maka koefisien korelasinya berada di antara 0,40 < 0,70 dikategorikan sedang . (3) tingkat kesukaran soal tes Bahasa Indonesia adalah 0,505. Jika dilihat dari koefisien korelasinya berada antara 0,31 sampai dengan 0,70 dikategorikan sedang. (4) daya beda soal tes Bahasa Indonesia adalah 0,21. Jika dilihat dari koefisien korelasinya berada antara 0,21 sampai dengan 0,40 dikategorikan cukup. (5) distraktor yaitu diterima karena sudah baik berjumlah 60 distraktor, ditulis kembali karena kurang baik berjumlah 7 distraktor, dan ditolak karena tidak baik berjumlah 8 distraktor. Kata kunci: Validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, pengecoh.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:54
Last Modified: 26 Sep 2024 03:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21596

Actions (login required)

View Item View Item