ANALISIS TES SUMATIF PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP NEGERI 10 REJANG LEBONG DITINJAU DARI TAKSONOMI ANDERSON & KRATWOHL

Sagita, Eria and Agus, Trianto and Catur, Wulandari (2024) ANALISIS TES SUMATIF PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP NEGERI 10 REJANG LEBONG DITINJAU DARI TAKSONOMI ANDERSON & KRATWOHL. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Eria sagita A1A019041 cekripci - eria Sagita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia seorang guru harus menguasai serta mampu menyusun soal tes untuk mengukur keberhasilan dalam pembelajaran. Sejalan dengan tingkatan taksonomi Anderson dan Kratwohl dapat mengasah kemampuan berpikir peserta didik paling mendasar sampai paling tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan soal tes sumatif pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 10 Rejang Lebong ditinjau dari taksonomi Anderson dan Kratwohl. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi dokumen. Instrumen penelitian peneliti dibantu dengan dokumen berupa soal dan tabulasi data. Teknik pengumpulan data dengan cara dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa soal tes sumatif yang dianalisis berdasarkan taksonomi Anderson dan Kratwolh yaitu tes sumatif yang digunakan telah memenuhi level kognitif C1 mengingat hingga C5 mengevaluasi, sedangkan level C6 mencipta belum terdapat didalam soal. Level C1 mengingat 8 soal yaitu 4 Mengidentifikasi, 1 Mengenali, dan 3 Mengingat Kembali. Level C2 memahami 6 soal yaitu 1Mengkategorikan, 2 Menjelaskan, 1 Menyimpulkan, 1 Mengklasifikasikan, dan 1Memberi Contoh. Level C3 mengaplikasikan 3 soal yaitu 3 Menggunakan. Level C4 Menganalisis 6 soal yaitu 2 Membedakan, 2 Mendekonstruksi, 1 Menemukan, dan 1 Memilih. Level C5 mengevaluasi sebanyak 7 soal yaitu 2 Memeriksa, 3 Menilai dan 2 Mendeteksi. Selanjutnya dalam dimensi pengetahuan telah terdapat pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural, sedangkan pengetahuan metakognitif belum terdapat dalam tes sumatif. Berdasarkan tingkat mudah-sedang-sukar, level LOTS 46,67%, level MOTS 30%, dan level HOTS 23,33%. Hal ini belum sesuai dengan penyusunan soal seharusnya 30% mudah, 40 % sedang dan 30% sulit. Serta teknik penyusunan tes sumatif seharusnya dibuat dari soal mudah ke soal sulit. Kata kunci : Tes Sumatif, Level Kognitif, Taksonomi Anderson Dan Kratwohl.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:54
Last Modified: 26 Sep 2024 03:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21597

Actions (login required)

View Item View Item