REVISIT INTENTION PASCA PANDEMI COVID-19 PADA 5 DESTINASI SUPER PRIORITAS DI INDONESIA

Anoke, Cantika Putri and Effed, Darta Hadi and Muhartini, Salim (2023) REVISIT INTENTION PASCA PANDEMI COVID-19 PADA 5 DESTINASI SUPER PRIORITAS DI INDONESIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_ANOKE CANTIKA PUTRI_C1B019039 - Anoke Cantika.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menimbulkan kejenuhan dan dapat berujung pada stress bahkan depresi. Setelah keadaan mulai membaik muncul istilah revenge tourism yaitu merupakan perjalanan yang dilakukan oleh wisatawan setelah berbulan-bulan berdiam diri di rumah karena pandemi Covid-19 atau disebut dengan wisata balas dendam (Sudjana, dkk, 2021). Peran pariwisata sebagai salah satu penghasil devisa tertinggi di Indonesia membuat berbagai pihak pengelola pariwisata dan pemerintah berupaya sebisa mungkin untuk meningkatkan kembali efektivitas kegiatan wisata yang memburuk. Meningkatnya jumlah wisatawan pasca pandemi disebabkan future revisit intention. Data menunjukkan bahwa revisit intention cenderung mengarah ke destinasi wisata lokal dengan nuansa yang alami. Di Indonesia terdapat beragam objek wisata yang bernuansa alami diantaranya adalah objek wisata yang tergabung dalam 5 Destinasi Super Prioritas di Indonesia yang meliputi Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB), Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT), serta Likupang di Sulawesi Utara. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh antara destination attributes, experience quality, dan tourist satisfaction terhadap revisit intention 5 Destinasi Super Prioritas di Indonesia pasca Covid-19. Serta melihat peran variabel mediasi yaitu tourist satisfaction. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner online melalui media sosial seperti whatsapp, instagram, facebook, dan telegram. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan populasinya adalah masyarakat Indonesia yang pernah berkunjung ke 5 Destinasi Super Prioritas. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 250 responden dan data diolah menggunakan Software LISREL Hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa: 1) destination attributes berpengaruh positif dan signifikan terhadap tourist satisfaction dengan nilai koefisien korelasi 0,36. 2) experience quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap tourist satisfaction dengan nilai koefisien korelasi 0,35. 3) tourist satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap tourist satisfaction dengan nilai koefisien korelasi 0,32. 4) destination attributes berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention dengan nilai koefisien korelasi 0,13. 5) experience quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention dengan nilai koefisien korelasi 0,37. 6) tourist satisfaction memiliki peran (partially mediated) dalam memediasi destination attributes terhadap revisit intention. 7) ) tourist satisfaction memiliki peran (partially mediated) dalam memediasi destination attributes terhadap revisit intention. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk mengkaji lebih dalam dan mengembangkan variabel penelitian dengan sampel dan populasi lebih besar. Sementara itu, bagi pihak pengelola wisata, diharapkan bisa dilakukan pengembangan pembangunan pariwisata yang merata seperti peningkatan fasilitas, akses, informasi, serta faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisata di 5 Destinasi Super Prioritas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 26 Sep 2024 06:32
Last Modified: 26 Sep 2024 06:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21620

Actions (login required)

View Item View Item