PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN TAGLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SCARLETT WHITENING DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PENGGUNA APLIKASI TIKTOK SHOP DI PROVINSI BENGKULU

Deya, Novia and Seprianti, Eka Putri and Effed, Darta Hadi (2023) PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN TAGLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SCARLETT WHITENING DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PENGGUNA APLIKASI TIKTOK SHOP DI PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI DEYA NOVIA 2 - Deya Novia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Digitalisasi didorong oleh pertumbuhan ekonomi Indonesia yang pesat pada tahun 2018 dan pertumbuhan teknologi Indonesia yang pesat sebesar 5,05%. Menurut data (Aaker, 2018). Nielsen research dan bank dunia, trend penetrasi seluler konsumen Indonesia akan mencapai 148 juta pengguna pada tahun 2021, pembelian online meningkat 42 juta, dan konsumen kelas menengah ke atas meningkat 128 juta. Pelanggan menjadi lebih mobile dan terus berpindah dari saluran offline ke saluran online APJII 2018. TikTok Shop adalah layanan belanja baru yang revolusioner yang memungkinkan pedagang, merek, dan pembuat konten untuk mempromosikan dan menjual barang langsung di aplikasi TikTok. Aktivitas penjualan tersedia melalui video in-feed, streaming langsung, dan tab etalase produk. Pengembangan aplikasi video pendek aplikasi TikTok pada 2021 di Indonesia mengalami peningkatan pesat, yaitu TikTok shop fitur terbaru dari aplikasi TikTok yang sedang ngetren sejak Maret 2021. Brand ambassador yaitu seoeorang yang memiliki minat pada sebuah produk, sehingga dapat memberikan informasi dan memperkenalkan produk tersebut dengan suka rela kepada konsumen lain (Arumsari, 2018). Tagline atau slogan merupakan deskripsi singkat yang merupakan bagian dari iklan yang dirancang supaya lebih mudah diingat orang. Slogan atau tagline adalah kata-kata yang menjelaskan tentang merek (Bakker, 2009). Menurut Assauri (2015) keputusan pembelian konsumen juga dipengaruhi oleh kebiasaan, seperti kebiasaan membeli, kapan melakukan pembelian, kapan pembelian dilaksanakan dan dimana pembelian dilakukan tersebut. Brand awareness merupakan kemampuan sebuah brand atau merek yang dapat muncul dalam benak konsumen dan seberapa mudahnya konsumen dapat mengingat ketika konsumen sedang memikirkan produk tertentu (Shimp, 2010). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yaitu desain survei. Data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner online. Teknik sampling menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Total sampel dalam penelitian ini adalah 150 responden yang berasal dari provinsi bengkulu. Teknik pengolahan data penelitian ini menggunakan PLS-SEM dengan bantuan program SmartPls dengan ix versi 3.0. Uji yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu uji outer model, inner model, uji hipotesis, dan pengujian efek mediasi. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh brand ambassador terhadap keputusan pembelian pada aplikasi TikTok shop (2) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh tagline terhadap keputusan pembelian pada aplikasi TikTok shop (3) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian pada aplikasi TikTok shop (4) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh brand ambassador terhadap brand awareness pada aplikasi TikTok shop(5) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh tagline terhadap brand awareness pada aplikasi TikTok shop(6) Untuk menguji dan menganalisis apakah brand ambassador berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh brand awareness pada aplikasi TikTok shop (7) Untuk menguji dan menganalisis apakah tagline berpengaruh terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh brand awareness pada aplikasi TikTok shop. Hasil penellitian ini menunjukan bahwa: (1) Hasil penelitian menunjukan bahwa brand ambassador mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini berarti bahwa Semakin populer dan menarik brand ambassador maka konsumen akan membuat konsumen semakin tertarik untuk melakukan keputusan pembelian pada produk scarlett whitening. (2) Hasil penelitian menunjukan bahwa tagline mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini berarti bahwa semakin banyak orang yang mengetahui tagline dan mudah memahami efek pesan yang disampaikan oleh tagline maka semakin mempengaruhi seseorang untuk melakukan keputusan pembelian produk scarlett whitening. (3) Hasil penelitian menunjukan bahwa brand awareness mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi konsumen aware terhadap produk scarlett whitening maka akan membuat konsumen semakin ingin melakukan keputusan pembelian. (4) Hasil penelitian ini menunjukan bahwa brand ambassador mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness. Hal ini berarti bahwa semakin banyak konsumen yang mengenal brand ambasssador yaitu Song Joong Ki dan Twice maka konsumen akan semakin aware dengan produk scarlett whitening yang mereka promosikan. (5) Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tagline mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness. Hal ini berarti bahwa semakin banyak konsumen mengenal tagline produk scarlett whitening yaitu “reveal your beauty” maka konseumen akan semakin aware dengan produk tersebut. (6) Hasil ini menunjukan bahwa brand ambassador dengan brand awarenes sebagai variabel mediasi terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk scarlett whitening. Hubungan brand ambassador terhadapan keputusan pembelian produk scarlett whitening dengan brand awareness sebagai variabel mediasi bersifat positif. (7) Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tagline denagn brand awareness sebagai variabel mediasi terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk scarlett whitening. Hubungan antara tagline terhadap keputusan pembelian dengan brand awareness sebagai variabel mediasi ini bersifat positif. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat memberikan variasi terkait variabel lain belum ada didalam penelitian terdahulu agar diharapkan menambah variasi hasil x penelitian. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan agar penelitian yang dilakukan lebih baik dan lebih dalam. Hal tersebut bertujuan untuk memperdalam dan menyempurnakan penelitian yang sejenis dengan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:43
Last Modified: 26 Sep 2024 07:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21631

Actions (login required)

View Item View Item