IMPLEMENTASI FUNGSI SOSIAL HAK ATAS TANAH (STUDI KASUS TANAH ENKLAVE UNTUK MENDAPATKAN AKSES KE JALAN RAYA DI KELURAHAN NUSA INDAH KOTA BENGKULU)

DAYSHA, PUTRI KARTINI and Herawan, Sauni and Hamdani, Ma’akir (2017) IMPLEMENTASI FUNGSI SOSIAL HAK ATAS TANAH (STUDI KASUS TANAH ENKLAVE UNTUK MENDAPATKAN AKSES KE JALAN RAYA DI KELURAHAN NUSA INDAH KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI DAYSHA PUTRI KARTINI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Fungsi sosial tanah seharusnya dapat berlaku pada tanah enklave, terutama kepada pemilik tanah atau rumah disekitarnya, jika dikaitkan dengan fungsi sosial hak atas tanah maka pemilik tanah atau rumah disekitar tanah enklave dapat mendahulukan kepentingan bersama daripada kepentingan perseorangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan fungsi sosial hak atas tanah enklave untuk mendapatkan akses ke jalan raya dan mengetahui upaya yang dilakukan pemilik tanah enklave di Kelurahan Nusa Indah Kota Bengkulu untuk mendapatkan akses ke jalan raya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian empiris dengan pendekatan sosiologis/empiris. Pelaksanaan fungsi sosial hak atas tanah enklave untuk mendapatkan akses ke jalan raya harus dilaksanakan secara musyawarah, melalui pemberian ganti kerugian yang seimbang dengan kerugian yang diakibatkan oleh pemberian jalan keluar tersebut (geevenredigd), dan pemilik tanah memberikan harga penjualan atau ganti kerugian yang sesuai pasar (wajar) sehingga penggunaan tanah sesuai ini dengan keadaan dan sifat daripada haknya, bermanfaat baik bagi kesejahteraan dan kebahagiaan yang mempunyainya maupun bagi masyarakat. Upaya yang dilakukan pemilik tanah enklave di Kelurahan Nusa Indah Kota Bengkulu untuk mendapatkan akses ke jalan raya adalah melalui upaya hukum dengan gugatan perdata ke Pengadilan Negeri Bengkulu, sebab upaya musyawarah yang telah dilakukan pemilik tanah enklave dengan tetangga disekitarnya tidak pernah mencapai kesepakatan. Kata Kunci: Fungsi Sosial, Hak Atas Tanah, Tanah Enklave

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: Irma Rohayu, S.IPust
Date Deposited: 26 Sep 2024 09:11
Last Modified: 26 Sep 2024 09:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21644

Actions (login required)

View Item View Item