PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP ATRIBUTBUAH JERUK BERASTAGI DI TOKO NAYLA (KECAMATAN BENTIRING)

Panogihon, A.W Purba and M Zulkarnain, Yuliarso and Nola, Windirah (2023) PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP ATRIBUTBUAH JERUK BERASTAGI DI TOKO NAYLA (KECAMATAN BENTIRING). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi full peerpus ogi - Leriman Jr.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara agraris dimana sektor pertanian adalah sektor unggulan menjadi penunjang bagi subsektor lain. Subsektor holtikultura merupakan subsektor pertanian yang meningkat produksinya sejak satu dasawarsa yang lalu. Dari berbagai jenis hasil subsektor holtikultura adalah buah-buahan, Provinsi Bengkulu memiliki keragaman produksi tanaman hortikultura, salah satunya adalah buah-buahan (BPS, 2023). Provinsi Bengkulu menghasilkan berbagai jenis buah-buahan seperti jeruk, alpukat, buah naga, mangga, pisang, pepaya dan lain-lain. Bengkulu merupakan daerah penghasil buah-buahan yang sangat banyak. Penduduk Provinsi Bengkulu di atas 10 tahun yang kurang konsumsi buah-buahan berkisar (95%) dengan adanya perubahan dari tahun 2007 dengan dengan angka sebelumnya berkisar (92%). Sehingga data tersebut menyebutkan bahwa terjadi sedikit meningkat pada tahun 2007 – 2013 sebesar (3%) penduduk masyarakat di Provinsi Bengkulu yang kurang konsumsi buah-buahan. Hal ini menjelaskan bahwa persepsi konsumsi buah-buahan masyarakat Provinsi Bengkulu masih kategori tinggi. Persepsi dipengaruhi oleh (Risyanti, 2005:67) faktor internal (pengalaman, kebutuhan saat itu, nilai-nilai yang dianut, dan ekspektasi/pengharapan) dan faktor eksternal (tampakan produk, sifat-sifat stimulus, dan situasi lingkungan). Untuk mengetahui mengapa konsumen menerima atau menolak suatu produk atau merek, pemasar harus memperhatikan dengan sungguh-sungguh pandangan konsumen terhadap merek/produk tersebut, meski pandangan tersebut sangat tidak masuk akal sekalipun. Hal ini memerlukan pengetahuan tentang dinamika persepsi manusia dan juga pengertian tentang aturan-aturan fisiologis dan psikologis yang menentukan seleksi, organisasi dan interpretasi dari stimulus sensorik konsumen memiliki minat dan persepsi terhadap atribut buah saat akan membeli dan mengonsumsi buah di toko Nayla berdasarkan atribut-atribut yang ada dalam setiap produk. Berdasarkan uraian latar belakang, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi konsumen dan atribut-atribut yang menjadi persepsi konsumen terhadap pembelian buah di toko Nayla. Tujuan yang ingin dicapai atas rumusan masalah adalah 1)Menganalisis perilaku konsumen dalam pembelian buah jeruk berastagi di Toko Nayla 2)Menganalisis persepsi konsumen terhadap atribut buah jeruk berastagi di Toko Nayla. Lokasi penelitian ini ditentukan secara purposive atau secara sengaja. Penelitian ini telah dilakukan di toko Nayla karena toko Nayla menjadi penyedia buah jeruk brastagi yang konsisten dalam menjual buah jeruk brastagi dengan tingkat konsumen yang tinggi di provinsi Bengkulu. Waktu penelitian dilakukan pada bulan juli 2023. Penentuan responden dilakukan dengan metode accidental sampling atau secara kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan ditemui untuk peneliti dijadikan sampel. Penentuan accidental sampling tersebut digunakan jika jumlah populasi (kerangka sampel) tidak diketahui sehingga tidak bisa ditentukan berapa jumlah konsumen buah di toko Nayla. Penentuan sample dilakukan purposive dengan jumlah 75 sample. Penetapan jumlah sample ini dilakukan dikarenakan keterbatasan waktu, tenaga dan biaya. 1)Perilaku Konsumen sesuai dengan analisis data primer 2023 pada kuisioner yang ditentukan bahwa konsumen dalam kategori sering melakukan pembelian buah jeruk berastagi di toko nayla dengan rata rata pembelian buah 1kg dan alasan suasana di toko nayla memiliki suasana yang nyaman terhadap konsumen. Dapat disimpulkan bahwa toko nayla merupakan toko yang sesuai dengan keinginan konsumen.2) Persepsi konsumen terhadap atribut buah jeruk berasatagi di toko nayla lebih banyak dalam kategori Setuju terhadap atribut yang ada pada buah jeruk berastagi di toko nayla sesuai dengan analisis data primer 2023 pada kuisoner yang ditentukan. Maka dapat disimpulkan bahwa buah jeruk berastagi di toko nayla sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen konsumen yang membeli buah jeruk di toko nayla. Kata Kunci : Persepsi Konsumen, Perilaku Konsumen, Toko Buah Nayla

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 27 Sep 2024 08:18
Last Modified: 27 Sep 2024 08:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21690

Actions (login required)

View Item View Item