Khairunisa, Khairunisa and Halimatusyadiah, Halimatusyadiah and Madani, Hatta (2023) PENGARUH DUKUNGAN PIMPINAN DAN KOMPETENSI PENGGUNA TERHADAP KUALITAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAERAH (SIMDA) (Studi Empiris pada SKPD Kabupaten Rejang Lebong). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
SKRIPSI_KHAIRUNISA C1C018104 - Khairu Nisa.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) merupakan program aplikasi yang dicetuskan oleh BPKP sejak tahun 2003 agar dapat membantu pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan daerah. Aplikasi SIMDA yang belum sepenuhnya dikatakan berjalan dengan optimal, masih terdapat beberapa hal yang belum berjalan dengan baik seperti ketidaksiapan sumber daya yang ada di organisasi dalam menggunakan SIMDA terkait dengan keterampilan pengguna atau pengguna sistem yang belum terbiasa menggunakan sistem, serta pengetahuan teknologi yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan apakah dukungan pimpinan dan kompetensi pengguna berpengaruh positif terhadap kualitas SIMDA. Penelitian ini dilakukan di SKPD Kabupaten Rejang Lebong dengan menggunakan teknik pengambilan sampel convenience sampling. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada operator SIMDA pada SKPD di Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 36 responden. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dukungan pimpinan berpengaruh positif terhadap kualitas SIMDA di SKPD Kabupaten Rejang Lebong. (2) Kompetensi pengguna tidak berpengaruh terhadap kualitas SIMDA di SKPD Kabupaten Rejang Lebong. Secara praktis, hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi SKPD di Kabupaten Rejang Lebong untuk meningkatkan kualitas SIMDA. Melalui dukungan kepala instansi yang berguna untuk meningkatkan kualitas SIMDA dengan menyediakan sumber daya seperti sumber daya manusia, perangkat keras, perangkat lunak dan anggaran dana yang digunakan untuk mengoperasikan SIMDA. Terdapat keterbatasan dalam penelitian ini yaitu instrumen pada variabel kompetensi pengguna tidak dapat mengukur mengenai keterlibatan kompetensi pengguna pada level organisasi. Peneliti selanjutnya disarankan untuk mengkaji ulang pernyataan kuesioner pada variabel kompetensi pengguna, agar dapat menjelaskan pengaruh kompetensi pengguna dalam level organisasi. Selain itu sebagian responden pada uji pilot tes belum sepenuhnya memiliki pengetahuan mengenai aplikasi SIMDA. Peneliti selanjutnya disarankan untuk menguji ulang instrumen melalui uji pilot tes terhadap responden yang memiliki pengetahuan mengenai aplikasi SIMDA. Dalam penelitian ini aplikasi SIMDA tidak memiliki fitur yang menghubungkan pengguna untuk terlibat langsung terhadap pengembangan aplikasi. Peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan survei awal mengenai sistem informasi yang akan diteliti Kata kunci: Dukungan Pimpinan, Kompetensi Pengguna, Kualitas Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA).
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Accounting |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 08:46 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 08:46 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21756 |
Actions (login required)
View Item |