Resti, Yunia Sari and Isma, Coryanata and Fadli, Fadli (2023) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL, MINAT BELAJAR DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA JURUSAN S1 AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
RESTI YUNIA SARI C1C016095 - RESA MAYESTI.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Kebutuhan tenaga kerja lulusan akuntansi saat ini semakin meningkat. Semakin majunya lembaga perbankan, keuangan dan lembaga lainnya menyebabkan tenaga kerja lulusan akuntansi menjadi sangat diperlukan. Sarjana lulusan akuntansi sangat dibutuhkan dalam dunia kerja baik di perbankan, kantor pajak, perusahaan maupun lembaga-lembaga lainnya. Universitas-universitas di Indonesia diharapkan tidak hanya menghasilkan lulusan akuntansi yang memiliki intelejensi atau memiliki IPK yang tinggi saja, namun harus memiliki berbagai aspek penting yang nantinya akan menjadi bekal mereka dalam dunia kerja. Namun, kenyataan berbeda didapati bahwa banyak dari mereka yang tidak mengerti tentang materi-materi terkait akuntansi yang telah dipelajarinya pada saat proses perkuliahan. Dapat kita lihat dari lingkungan sekitar kita bahwa individu yang mempunyai tingkat intelejensi yang tinggi atau memiliki gelar yang tinggi tidak berhasil dalam karier mereka. Bahkan tidak jarang kita jumpai individu dengan tingkat pendidikan formal yang lebih rendah justru lebih sukses dibandingkan individu dengan gelar sarjana, magister bahkan doktor. Selama ini, mayoritas program-program pendidikan hanya fokus pada intelektual saja, padahal banyak hal lainnya yang perlu diperhatikan, yaitu bagaimana cara mereka untuk mengendalikan emosi dan perasaannya agar tidak mencampuradukkan masalah pribadi ketika mengikuti perkuliahan, bagaimana mereka dapat berpikir positif ketika nilai yang didapatkan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, bagaimana mereka dapat mendorong diri mereka untuk terus maju menjadi lebih baik, dan bagaimana cara mereka mengatur waktu belajar dengan baik agar dapat memperoleh hasil yang maksimal saat ujian. Banyak orang yang memiliki gelar yang tinggi dan terlihat sangat menjanjikan, namun kariernya tidak sukses akibat rendahnya kecerdasan emosional mereka. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, minat belajar dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probality sampling yaitu purposive sampling dengan pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner secara online melalui google form maupun secara langsung kepada responden. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 93 mahasiswa S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi Statistical Product and Solutions (SPSS) versi 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Bengkulu, (2) Kecerdasan spiritual berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Bengkulu, (3) Minat belajar berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Bengkulu, dan (4) Perilaku belajar berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Accounting |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 03:40 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 03:43 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21780 |
Actions (login required)
View Item |