Kurniawan, Saputra and Effed, Darta Hadi and Sularsih, Anggarawati (2023) ANALISIS PENGARUH SERVICE QUALITY, PERCEIVED VALUE DAN INSTITUTION IMAGE TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
Tesis Kurniawan Saputra (MM UNIB-C2B019040) - Kurniawan Saputra.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Globalisasi pada dunia pendidikan memperkuat kondisi persaingan antar perguruan tinggi, baik yang terjadi antar perguruan tinggi lokal (negeri dan swasta) maupun dengan perguruan tinggi dari berbagai negara. Dampak dari persaingan dunia pendidikan menuntut perguruan tinggi untuk membangun kemampuan bersaingnya agar mampu memiliki keunggulan bersaing yang unik dan berbeda. Keunggulan tersebut dapat dicapai melalui pelayanan pendidikan yang berkualitas yang dapat memberikan kepuasan kepada para pelanggannya. Kondisi tersebut adalah hal yang tidak dapat dihindari oleh Universitas Bengkulu. Berkenaan dengan hal tersebut, Universitas Bengkulu sebagai salah satu PTN yang ada di Provinsi Bengkulu terus berbenah diri untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikannya. Peningkatan kualitas layanan pada lembaga pendidikan tinggi merupakan hal yang patut dilaksanakan oleh pengelola pendidikan tinggi. Hal ini disebabkan oleh persaingan pada lembaga pendidikan tinggi saat ini semakin kompetitif dan dinamis (Cheung et al., 2011). Atas dasar tersebut, perguruan tinggi wajib untuk berupaya untuk meningkatkan kualitas layanannya. Hal utama yang menyebabkan terjadinya adalah keadaan persaingan pada lembaga pendidikan tinggi yang terjadi saat ini sebagai akibat atas peningkatan jumlah lembaga pendidikan tinggi swasta (Halai, 2013) dan terjadinya globalisasi sektor pendidikan tinggi (Williams dan Harvey, 2010). Meskipun persaingan pendidikan tinggi semakin kompetitif, namun permintaan atas pendidikan tinggi terus meningkat. Oleh sebab itu, guna memiliki kemampuan bersaing maka perguruan tinggi dituntut untuk dapat memuaskan mahasiswanya melalui pendidikan yang berkualitas (Srikanthan dan Dalrymple, 2007). Lebih jauh Geinsberg (2011) menyatakan bahwa dalam memenuhi kepuasan mahasiswa perguruan tinggi tidak hanya memperhatikan pencapaian keterampilan dan kemampuan lulusannya tetapi juga didukung oleh upaya mahasiswa memiliki pengalaman yang menyenangkan dalam proses pendidikan yang dialaminya. Oleh karena itu pengelolaan perguruan tinggi patut memperhatikan berbagai aspek pembentuk kepuasan mahasiswa. Tujuan yang hendak dicapai dari pelaksanaan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh service quality dan perceived value serta Institution Image atas proses pendidikan di Universitas Bengkulu terhadap kepuasan mahasiswa (students statisfaction). Populasi dan unit analisis dalam penelitian ini adalah vii mahasiswa Universitas Bengkulu yang minimal telah menempuh perkuliahan selama 2 semester . Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive sampling (nonprobability sampling). Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 268 mahasiswa. Berdasarkan olah data dan analisis data penelitian dapat dikemukakan hasil penelitian: Pertama, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas layanan (Service Quality) terhadap kepuasan mahasiswa (Students Satisfaction). Kedua, pengaruh antara variabel nilai yang diterima (perceived value) oleh mahasiswa dalam menjalankan aktivitas perkuliahannya di Universitas Bengkulu terhadap variabel kepuasan mahasiswa (Students Satisfaction) ditemukan hasil bahwa kedua variabel tersebut memiliki pengaruh yang positif dan signifikan. Ketiga, analisis atas pengaruh citra institusi (Institution Image) atas Universitas Bengkulu terhadap variabel kepuasan mahasiswa (students satisfaction) diperoleh hasil positif dan signifikan. Dari hasil penelitian ini dapat dikemukakan rekomendasi: Pertama, pengelolaan peningkatan kualitas pelayanan perlu lebih dioptimalkan terutama pada berbagai hal yang berkenaan dengan aktivitas penyelenggaraan perkuliahan baik dari sisi non fisik khususnya peningkatan kemapuan staf administrasi dan dosen maupun dari sisi fisik berupa sarana dan prasarana perkuliahan. Kedua, pengelolaan kepuasan mahasiswa atas penyelenggaraan proses pendidikan perlu mendapatkan perhatian yang seksama dari pihak manajemen Universitas Bengkulu guna meningkatkan persepsi positif atas proses pelayanan pendidikan di Universitas Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Manajemen |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 07:42 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 07:42 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21786 |
Actions (login required)
View Item |