PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING, DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA DAN SHOPEE DI KOTA BENGKULU

Tegar, Ageng Khresna Ferrial and Effed, Darta Hadi and Sularsih, Anggarawati and Baihaqi, Baihaqi (2023) PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING, DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA DAN SHOPEE DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
TESIS LENGKAP_Tegar Ageng Khresna Ferrial - Tegar Khresna.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat telah mengubah berbagai sendi kehidupan manusia. Hal ini menyentuh hampir seluruh lapisan kehidupan mulai dari segi sosial, ekonomi, politik maupun budaya. Perkembangan teknologi tersebut terutama telah mempengaruhi perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Transaksi secara online menciptakan tingkat efektivitas dan efisiensi yang tinggi terutama bagi konsumen yang sibuk dengan waktu yang terbatas. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh iprice insight pada kuartal 2 tahun 2022 memposisikan Tokopedia sebagai peringkat pertama dan disusul oleh Shopee di peringkat kedua dalam kunjungan perbulan. Dari hasil survei tersebut tergambar bahwa Tokopedia dan Shopee merupakan dua situs website e- commerce yang populer bagi masyarakat dalam melakukan belanja online. Niat membeli kembali adalah situasi ketika seorang pelanggan bersedia dan berniat untuk terlibat dalam transaksi di masa mendatang. Niat beli ulang berkaitan erat dengan keputusan pembelian konsumen, niat digunakan untuk memprediksi kecenderungan seseorang akan melakukan atau tidak melakukan perilaku membeli. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan proses pengolahan data berupa angka sebagai alat menganalisis dengan menggunakan metode-metode kajian penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survei, dimana metode ini terdiri dari descriptive survey method dan explanatory method. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang bertujuan memperoleh gambaran tentang respon responden atas variabel penelitian. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 180 responden dari masyarakat umum di Kota Bengkulu. Metode analisis pada penelitan ini menggunakan alat statistik SmartPLS3. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa online customer review berpengaruh positif signifikan terhadap niat beli ulang pada Tokopedia dan Shopee, artinya online customer review memiliki pengaruh yang kuat dalam menentukan niat beli ulang pada Tokopedia dan Shopee. Online customer rating berpengaruh positif terhadap niat beli ulang, namun pengaruh ini terjadi secara tidak signifikan. Artinya tanpa adanya online customer rating konsumen masih mungkin untuk memiliki niat beli kembali pada toko online. E-service quality memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang di Tokopedia viii dan Shopee. E-service quality memiliki pengaruh positif dan kuat terhadap niat beli ulang di Tokopedia dan Shopee.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 02 Oct 2024 07:44
Last Modified: 02 Oct 2024 07:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21795

Actions (login required)

View Item View Item