PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP PENGGUNAAN DAN KEPUASAN PENGGUNA SISTEM APLIKASI PELAYANAN KEPEGAWAIAN (SAPK) PADA PEGAWAI KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Lidya, Christina Ivone and Fahrudin, JS Pareke and Willy, Abdillah (2023) PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP PENGGUNAAN DAN KEPUASAN PENGGUNA SISTEM APLIKASI PELAYANAN KEPEGAWAIAN (SAPK) PADA PEGAWAI KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Tesis A.n. Lidya Christina Ivone - Lidya Christina Ivone_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (986kB)

Abstract

Sistem dikatakan berhasil adalah sistem telah memiliki kinerja untuk mendukung perangkat keras maupun perangkat lunak demi meningkatnya kinerja pegawai dalam suatu organisasi (Tumarni, 2015). DeLone dan McLean (2003) menjelaskan kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas layanan secara kolektif mempengaruhi penggunaan dan mempengaruhi kepuasan pengguna. Artinya sistem berdampak pada sumber data para penggunanya. Hasil wawancara pada pegawai menunjukkan bahwa sistem aplikasi My SAPK masih rumit dilakukan oleh pegawai yang belum memahami teknologi, seharusnya aplikasi yang dibuat mudah dimengerti dan mudah dipahami. Hal ini yang menunjukkan indikasi bahwa rendahnya kualitas Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian yang telah berjalan selama ini. Melalui penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada Pemerintahan Daerah, khususnya Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah menerapkan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian pada pegawai Kabupaten Bengkulu Tengah, sehingga ke depannya penggunaan aplikasi ini dapat lebih mudah digunakan dan lebih mudah dipahami oleh pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Kualitas Sistem terhadap Penggunaan, menguji pengaruh Kualitas Sistem terhadap Kepuasan Pengguna, menguji pengaruh kualitas Informasi terhadap Penggunaan, menguji pengaruh kualitas Informasi terhadap Kepuasan Pengguna dan menguji pengaruh kualitas Layanan terhadap Penggunaan serta menguji pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian pada pegawai Kabupaten Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Sugiyono (2016) menjelaskan penelitian survey dapat diteliti pada jumlah sampel besar maupun kecil, dan data yang disurvei merupakan suatu hasil kejadian relatif, sebaran, dan variabel. Kajian yang dilakukan pada penelitian ini adalah untuk melihat Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Penggunaan dan Kepuasan Penguna Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian pada pegawai Kabupaten Bengkulu Tengah. Sampel dalam penelitian ini di ambil secara random sampling yang disebarkan kepada pegawai di 40 Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Bengkulu Tengah. Untuk melihat pengaruh antar variabel menggunakan Smart PLS melaui uji outer model dan inner model. vi Hasil penelitian menemukan bahwa kualitas Sistem memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Penggunaan dan hubungan antar keduanya positif, kualitas Sistem memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pengguna dan hubungan antar keduanya positif, Kualitas Informasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Penggunaan dan hubungan antar keduanya positif, Kualitas Informasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pengguna dan hubungan antar keduanya positif, dan Kualitas Layanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Penggunaan dan hubungan antar keduanya positif serta Kualitas Layanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian pada pegawai Kabupaten Bengkulu Tengah dan hubungan antar keduanya positif. Saran kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Bengkulu Tengah perlu melakukan evaluasi dalam pelaksanaan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian, dikarenakan masih terdapat sebagian kecil ASN yang belum begitu memahami dalam menggunakan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian, sehingga kedepannya tidak ada lagi ASN yang menggunakan aplikasi ini, memerlukan bantuan orang lain. Apabila kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan dapat ditingkatkan, maka akan dapat lebih meningkatkan lagi penggunaan dan kepuasan pengguna pada Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian ini

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 02 Oct 2024 07:45
Last Modified: 02 Oct 2024 07:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21808

Actions (login required)

View Item View Item