FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN NILAI PEMBELIAN KOPI MEREK “SEDAP” DI KEDAI KOPI SEDAP KOTA PEMATANG SIANTAR

Resco, Panji Prayoga Silalahi and Basuki, Sigit Priyono and Ellys, Yuliarti (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN NILAI PEMBELIAN KOPI MEREK “SEDAP” DI KEDAI KOPI SEDAP KOTA PEMATANG SIANTAR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI RESCO PANJI PRAYOGA SILALAHI (E1D017058) FIX - Resco Channel.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Kopi merupakan salah satu komoditas pertanian yang digemari di Indonesia. Terdapat dua jenis kopi utama yang kerap kita temui yaitu Robusta dan Arabika. Bisnis kopi di Indonesia saat ini cukup menjanjikan untuk dikembangkan. Hal ini dilatar belakangi dari tingkat konsumsi kopi yang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Kopi Sedap adalah salah satu kopi yang termasuk dalam kopi robusta berkualitas. Peningkatan jumlah konsumsi kopi tentunya menjadi peluang besar bagi para produsen untuk membuka usaha kopi bubuk berkemasan. Kedai kopi Sedap merupakan salah satu produsen produk kopi bubuk yang bertujuan agar dapat melahirkan kepuasan konsumen terhadap produk yang mereka hasilkan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Menganalisis tingkat pembelian konsumen terhadap kopi bubuk merek “Sedap” dan kopi seduh pada kedai kopi Sedap di Kota Pematang Siantar, 2) Menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat pembelian kopi bubuk merek Sedap dan kopi seduh pada kedai kopi “Sedap” di Kota Pematang Siantar. Metode yang digunakan untuk penentuan lokasi penelitian ini adalah purposive atau sengaja di Kedai kopi Sedap Kota Pematang Siantar. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah metode accidental sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, Korelasi Rank Spearman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tingkat pembelian kopi bubuk dan kopi sedap adalah jumlah kopi bubuk dan kopi seduh yang dibeli oleh konsumen dalam sebulan. Jumlah pembelian kopi bubuk di kedai kopi Sedap Pematangsiantar memiliki nilai rata-rata pembelian kopi bubuk sebesar 1kg/bulan. Jumlah pembelian kopi seduh di kedai kopi Sedap Pematangsiantar memiliki nilai rata-rata sebesar 5 cangkir/bulannya. 2) Faktor�faktor yang berhubungan dengan tingkat pembelian kopi bubuk dan kopi seduh merek Sedap pada kedai kopi “Sedap” di Kota Pematangsiantar yaitu variabel pendapatan, usia, tingkat pendidikan, jumlah anggota keluarga, persepsi terhadap produk, persepsi terhadap harga, persepsi terhadap promosi, persepsi terhadap pelayanan. Dalam penelitian ini variabel yang berhubungan ialah pendapatan, usia, persepsi terhadap produk, persepsi terhadap harga, persepsi terhadap pelayanan Kata Kunci: Kopi Sedap, Tingkat Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 02 Oct 2024 04:32
Last Modified: 02 Oct 2024 04:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21833

Actions (login required)

View Item View Item