PENGARUH MOTIF PERILAKU PILIHAN KOPI TERHADAP NIAT BELI KOPI ORGANIK

Haniyah, Tri Atikah and Fachri, Eka Saputra and Rina, Suthia Hayu (2023) PENGARUH MOTIF PERILAKU PILIHAN KOPI TERHADAP NIAT BELI KOPI ORGANIK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Haniyah - riska fadhilla_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Literatur sebelumnya menunjukkan pangsa pasar organic food di Indonesia telah tumbuh sekitar 5% per tahunnya, dengan nilai penjualan sebesar Rp. 10 Milyar, sedangkan pangsa pasar organic food pada masyarakat dunia telah tumbuh mencapai 20% per tahun. Artinya, di Indonesia pangsa pasar organic food mengalami pertumbuhan yang positif, namun pertumbuhan yang terjadi dinilai masih belum maksimal jika dibandingkan dengan tingkat pertumbuhan pangsa pasar organic food di dunia. Dalam hal membatu meningkatkan pangsa pasar organic food dapat dilakukan dengan menciptakan niat pada seseorang. Umumnya niat yang dimiliki seseorang akan mengindikasikan tingkat kekuatan dari keinginan individu untuk mewujudkan suatu perilaku, dengan kata lain semakin kuat keinginan individu tersebut, maka akan semakin besar juga kemungkinan perilaku dapat diwujudkan. Adapun, beberapa faktor yang dinilai mampu mempengaruhi terciptanya niat beli pada seseorang yaitu motif perilaku kesadran kesehatan, kepercayaan, daya tarik dan kesadaran lingkungan. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti memiliki tujuan yaitu : 1). menganalisis pengaruh kesadaran kesehatan terhadap niat beli kopi organik, 2). menganalisis pengaruh kepercayaan terhadap niat beli kopi organik, 3). menganalisis pengaruh daya tarik terhadap niat beli kopi organik, dan 4). menganalisis pengaruh kesedaran lingkungan terhadap niat beli kopi organik. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian explanatory research dengan jenis pendekatan kuantitatif, yang menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Sementara itu, untuk populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat di Indonesia dengan beberapa kriteria yang telah ditentukan sebelumnya. Adapun, jumlah sampel responden yaitu sebanyak 200 orang. Hasil penelitian menunjukkan kesadaran kesehatan, kepercayaan, daya tarik dan kesadaran lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli kopi organik pada masyarakat di Indonesia, baik secara parsial maupun simultan. Maka dapat disimpulkan semakin tingginya tingkat kesadaran kesehatan, kepercayaan, daya tarik dan kesadaran lingkungan pada diri seseorang akan suatu produk organik, maka semakin besar juga pengaruhnya terhadap niat beli yang tercipta untuk melakukan tindakan pengonsumsian kopi organik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 02 Oct 2024 04:58
Last Modified: 02 Oct 2024 04:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21846

Actions (login required)

View Item View Item