E-REPURCHASE INTENTION SKINCARE SKINTIFIC MELALUI APLIKASI TIKTOKSHOP

Dien, Paradina and Lizar, Alfansi and Rina, Suthia Hayu (2023) E-REPURCHASE INTENTION SKINCARE SKINTIFIC MELALUI APLIKASI TIKTOKSHOP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI FIX DIEN PARADINA - Dien Paradina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi telah membuat banyak perubahan yang terjadi hingga sekarang, seperti penggunaan sosial media yang telah membawa banyak perubahan me seperti memunculkan banyak ragam bisnis pada sebuah aplikasi atau e-commerce. Tiktok merupakan aplikasi yang meluncurkan fitur terbaru yaitu tiktokshop yang menyediakan tempat untuk dapat melakukan transaksi jual beli pada aplikasi tiktok. Salah satu brand yang menggunakan fitur ini yaitu skincare skintific yang tengah popular dikalangan masyarakat yang melakukan pembelian melalui tiktokshop. Fenomena inilah yang melatar belakangi peneliti, serta ditambah dengan banyaknya orang yang ingin berbelanja melalui media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis E-Repurchase Intention Skincare Skintific melalui Aplikasi Tiktokshop. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online melalui media social serta teman dan keluarga. Teknik non-probability sampling digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 300 responden yang pernah membeli skincare skintific melalui aplikasi tiktokshop. Kemudian data yang diperoleh diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan aplikasi SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa brand image dapat mempengaruhi e￾repurchase intention secara positif dan signifikan. Ketika brand image sebuah produk yang dibeli melalui tiktokshop semakin tinggi, maka semakin tinggi niat pembelian ulang konsumen. Online customer review dapat mempengaruhi e￾repurchase intention secara positif dan signifikan. Semakin bagus sebuah online customer review pada sebuah produk yang dibeli melalui tiktokshop, maka semakin tinggi pula keinginan konsumen untuk melakukan pembelian ulang. Customer satisfaction dapat berpengaruh secara positif dan signifikan. Semakin tinggi tingkat kepuasan konsumen maka akan semakin tinggi niat pembelian ulang. Brand image dapat mempengaruhi customer satisfaction secara positif dan signifikan. Semakin tinggi brand image yang ditampilkan maka akan membuat konsumen puas terhadap brand tersebut. Customer satisfaction dapat memediasi hubungan brand image terhadap e-repurchase intention. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa brand image, online customer review, customer satisfaction dapat berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap e-repurchase intention pada produk skincare skintific melalui aplikasi tiktokshop, kemudian brand image dapat berpengaruh secara positif dan xi signifikan terhadap e-repurchase intention pada produk skincare skintific melalui aplikasi tiktokshop, dan customer satisfaction dapat memediasi hubungan brand image terhadap e-repurchase intention. Adapun saran praktis dalam penelitian ini bagi pengembang tiktokshop dan perusahaan skincare Skintfic dapat terus mempertahankan brand image kedua perusahaan, kemudian dapat terus berinovasi serta mempertahankan kualitas produk sehingga online customer review terus meningkat dan membuat konsumen lain yang melihatnya akan melakukan pembelian ulang skincare skintific melalui tiktokshop. Selanjutnya bagi akademisi adalah dapat menjadi sumber informasi bagi peneliti selanjutnya dalam meneliti dengan topik yang serupa dimasa mendatang

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 02 Oct 2024 06:27
Last Modified: 02 Oct 2024 06:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21854

Actions (login required)

View Item View Item