Asri, Qomariyati Putri and Muhammad, Yasser Iqbal Daulay and Sularsih, Anggarawati (2023) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, GAYAHIDUP, PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI JANJI JIWA DENGAN NIAT BELI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
ASRI Skripsi perpustakaan - Asri Cantik.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meneliti (1) pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian kopi janji jiwa, (2) pengaruh gaya hidup terhadap niat beli kopi janji jiwa, (3) pengaruh niat beli terhadap keputusan pembelian kopi janji jiwa, (4) pengaruh pengetahuan produk terhadap keputusan pembelian kopi janji jiwa, (5) pengaruh pengetahuan produk terhadap niat beli kopi janji jiwa, (6) pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian kopi janji jiwa, (7) pengaruh social media marketing terhadap niat beli kopi janji jiwa, (8) pengaruh niat beli yang memediasi social media marketing terhadap keputusan pembelian kopi janji jiwa, (9) pengaruh niat beli yang memediasi pengetahuan produk terhadap keputusan pembelian kopi janji jiwa dan (10) pengaruh niat beli yang memediasi gaya hidup terhadap keputusan pembelian kopi janji jiwa. Usaha kedai kopi adalah salah satu usaha yang sedang banyak diminati oleh pelaku usaha di Indonesia, salah satunya yaitu pelaku usaha di Kota Bengkulu, dapat dilihat dari menjamurnya coffee shop di seluruh sudut kota. Kopi merupakan sebuah minuman yang memiliki aroma, cita rasa yang khas dan digemari berbagai kalangan. Fenomena masyarakat Indonesia mengkonsumsi kopi mengalami perkembangan pesat, sejalan dengan perubahan pola hidup manusia yang mengarah kepada orientasi kepraktisan. Aktivitas ngopi bergeser menjadi gaya hidup, sehingga peluang bisnis warung kopi menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Pada awalnya kopi hanya sebatas konsumsi pribadi di rumah-rumah, akan tetapi perkembangan zaman membawa perubahan dalam cara menikmati kopi menjadi aktivitas yang lebih interaktif (Augusta, 2018). Salah satu coffee shop yang sedang trend saat ini adalah kopi janji jiwa. Kopi Janji Jiwa pertama kali didirikan pada tahun 2018 lalu di ITC Kuningan yang berkonsep franchise, pada tahun 2019 janji jiwa sudah berhasil memecahkan rekor MURI dengan membuka 700 gerai baru janji jiwa di 50 kota yang berbeda (Nurullah, 2021). Salah satunya berada di kota Bengkulu, yang berlokasi di jalan Sutoyo No 08 Tanah Patah, Kecamatan Ratu Agung. Penelitian ini menggunakan tiga variabel independen yaitu gaya hidup, pengetahuan produk, dan social media marketing, satu variabel dependen yaitu keputusan pembelian dan variabel mediasi yaitu niat beli. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis data yang digunakan adalah data primer. vii Menurut Indriantoro, Supomo (2013), data primer merupakan sumber data penelitian yang diperoleh secara langsung dari sumber asli, dimana sumber data yang didapat diperoleh dari kuesioner yang disebarkan secara online. Pengelolaan data pada penelitian ini akan menggunakan software smart PLS. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan secara online ke 210 responden yang berdomisili di Bengkulu dan pernah melakukan pembelian kopi janji jiwa di kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel gaya hidup tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap niat beli, yang berarti hal ini membuktikan bahwa gaya hidup tidak mempengaruhi niat beli seseorang dalam membeli produk kopi janji jiwa. Gaya hidup tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. konsumen memiliki gaya hidup yang berbeda – beda, sekalipun mereka memiliki kelas atau status yang sama, tidak memungkinkan bahwa mereka akan memiliki gaya hidup yang sama, hal ini membuktikan bahwa gaya hidup tidak mempengaruhi keputusan pembelian. Niat beli berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini membuktikan bahwa semakin tinggi niat beli seseorang maka akan meningkatnya keputusan pembelian pada kopi janji jiwa. Pengetahuan produk berpengaruh dan signifikan terhadap niat beli, hal ini membuktikan bahwa semakin tinggi pengetahuan produk yang dimiliki konsumen maka akan meningkatkan niat beli pada produk kopi janji jiwa. Pengetahuan produk berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini membuktikan bahwa semakin banyak pengetahuan produk seseorang akan meningkatnya keputusan pembelian pada kopi janji jiwa. Social media marketing berpengaruh dan signifikan terhadap niat beli, hal ini membuktikan bahwa informasi social media marketing dapat mendorong niat konsumen untuk membeli produk kopi janji jiwa. Social media marketing berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini membuktikan bahwa social media marketing instagram janji jiwa dapat mempengaruhi seseorang dalam meningkatkan keputusan pembelian pada kopi janji jiwa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi masyarakat mengenai fenomena pengaruh social media marketing, gaya hidup, pengetahuan produk terhadap niat beli serta keputusan pembelian dalam pembelian kopi janji jiwa sehingga pengembang dari kopi janji jiwa dapat menggunakannya sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan strategi pemasaran yang tepat, sebagai informasi dan pertimbangan pembelian yang dilakukan oleh konsumen.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 08:11 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 08:11 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21863 |
Actions (login required)
View Item |