PENERAPAN MOBILE INTERFACE GUIDELINES PADA MEDIA EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MENDUKUNG PEMAHAMAN IBU DALAM UPAYA PENCEGAHAN STUNTING

Nadila, Zumitia Putri and Desi, Andreswari and Andang, Wijanarko (2024) PENERAPAN MOBILE INTERFACE GUIDELINES PADA MEDIA EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MENDUKUNG PEMAHAMAN IBU DALAM UPAYA PENCEGAHAN STUNTING. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Naskah Skripsi(G1A019093) Nadila Zumitia-1 - nadila zumitia putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuat aplikasi berbasis Android sebagai media edukasi stunting yang diberi nama aplikasi Gemanting, serta untuk mengetahui pengaruh aplikasi Gemanting terhadap peningkatan pemahaman Ibu mengenai topik stunting. Penelitian ini menerapkan metode R&D 4D dan metode pengembangan MDLC, serta pendekatan mobile interface guidelines untuk panduan perancangan antarmuka pengguna yang disesuaikan dengan target pengguna dengan rentang umur 20-35 tahun. Aplikasi Gemanting menyediakan materi berupa teks, gambar, video, kalkulator IMT, kuis pre-test dan post-test. Berdasarkan pengujian prestasi pemahaman pengguna yang telah dilakukan kepada 30 ibu anggota Posyandu di Desa Melao, Kecamatan Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, dari hasil pre-test dan post-test diperoleh hasil uji Wilcoxon signed-rank terhadap pengguna dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 (<0,05) yang artinya Ha diterima yang menunjukan bahwa uji coba aplikasi Gemanting berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman ibu mengenai stunting. Kata Kunci: Android, Ibu muda, Gemanting, Media Edukasi, Mobile Interface Guidelines, Material Design Guidelines, Wilcoxon, R&D 4D, MDLC, Stunting.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Lili Haryanti, S.IPust
Date Deposited: 03 Oct 2024 04:59
Last Modified: 03 Oct 2024 04:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21901

Actions (login required)

View Item View Item