Zulfa, Marde Muarifah and Hardiansyah, Hardiansyah and Lindung, Zalbuin Mase (2024) ANALISIS KINERJA JARINGAN JALAN DENGAN METODE FOUR STEP MODEL UNTUK MENDUKUNG KEBIJAKAN PENETAPAN RUTE EVAKUASI TSUNAMI DI KOTA BINTUHAN KABUPATEN KAUR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
SKRIPSI_ZULFA MARDE MUARIFAH_G1B019071 - Zulfa Mardeee.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
kinerja jaringan jalan akibat evakuasi bencana tsunami. Pemodelan jaringan jalan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan menambahkan skenario penambahan kapastitas jalan pada beberapa ruas jalan menggunakan bantuan software ZIN Macrosimulation. Penelitian diawali dengan survei geometrik jalan dan arus lalu lintas di 13 zona untuk mengetahui kinerja jaringan jalan kondisi eksisting, juga dilakukan kuesioner kepada masyarakat di Kota Bintuhan. kemudian dilanjutkan pengumpulan data berupa data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan yaitu geometri jaringan jalan yang dilewati pengungsi pada saat evakuasi, wawancara BPBD, dan kuisioner warga. Hasil analisis pemodelan kondisi eksisting, terjadi perbedaan nilai derajat kejenuhan tertinggi pada jalan Desa Pasar Baru 2-3 dan jalan Desa Pasar Baru 5-9 yang awalnya 0,34 dan 0,10 dengan tingkat pelayanan A dan B menjadi 0,21 dan 0,52 dengan tingkat pelayanan A dan C. Penambahan kapasitas jalan dapat dijadikan sebagai solusi untuk mengatasi masalah Analisis pemodelan penambahan kapasitas pada software ZIN Macrosimulation menunjukan tingkat pelayanan jalan pada setiap ruas jalan lebih baik dari tingkat pelayanan jalan pada kondisi di lapangan dan skenario 1, 3 dan 5 hal ini menunjukan jaringan jalan dengan skenario 2, 4 dan 6 merupakan solusi yang sangat baik untuk mengatasi kepadatan lalu lintas saat bencana tsunami terjadi di Kota Bintuhan. Identifikasi yang dilakukan sesuai kriteria lahan shelter, didapatkan tiga titik lokasi yang direkomendasikan, jalan lintas Sumatra 1, area ruas Jalan Suka Bandung 1, dan area ruas Jalan Jembatan Dua 1. Kata kunci: Kota Bintuhan, Evakuasi, ZIN Macrosimulation, Pemodelan Jaringan Jalan, Kinerja Jaringan Jalan
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering |
Depositing User: | Lili Haryanti, S.IPust |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 02:28 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 02:28 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22025 |
Actions (login required)
View Item |