PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP SISWA YANG MENGALAMI PERILAKU SOSIAL DISOSIATIF DI SMP NEGERI 02 KEPAHIANG

Paryanti, Dini Kusuma and Rita, Sinthia and Adif, Jawadi Saputra (2024) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP SISWA YANG MENGALAMI PERILAKU SOSIAL DISOSIATIF DI SMP NEGERI 02 KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Dini Kusuma Paryanti ( A1L017068 ) perpus unib - Dini Kusuma.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang mengalami perilaku sosial disosiatif yang tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok terhadap siswa yang mengalami perilaku sosial disosiatif di SMP Negeri 02 Kepahiang. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yaitu 30 orang siswa, Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 6 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan sekala Likert. Data hasil analisis menggunakan (paired sample t-test) dan dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 2.1. Perilaku sosial disosiatif sebelum diberikan treatment tergolong tinggi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh. Perilaku sosial disosiatif siswa setelah diberikan treatment berupa konseling kelompok. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru Bimbingan dan Konseling untuk menggunakan layanan Konseling kelompok untuk mengurangi perilaku sosial disosiatif pada siswa Kelas VIII A Di SMP Negeri 02 Kepahiang. Kata kunci : Perilaku Sosial Disosiatif, Konseling Kelompok

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 09 Oct 2024 03:08
Last Modified: 09 Oct 2024 03:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22032

Actions (login required)

View Item View Item