PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF TERHADAP KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU

Aprianti, Dita and Sri, Saparahayuningsih and Anni, Suprapti (2024) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF TERHADAP KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
DITA APRIANTI (A1L019005)_SKRIPSI PERPUSTAKAAN - Dita Aprianti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik restrukturisasi kognitif terhadap kecemasan berbicara di depan umum siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini berjumlah 6 orang siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling dengan pengumpulan data menggunakan angket kecemasan berbicara di depan umum. Data dianalisis menggunakan uji-t (paired sample t-test). Hasil uji-t menunjukkan nilai t= 20.208 (p<0,05). Artinya terdapat pengaruh yang signifikan layanan konseling kelompok dengan teknik restrukturisasi kognitif terhadap penurunan tingkat kecemasan berbicara di depan umum siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru bimbingan dan konseling untuk menggunakan layanan konseling kelompok dengan teknik restrukturisasi kognitif guna menurunkan kecemasan berbicara di depan umum pada siswa. Kata kunci : Kecemasan berbicara di depan umum, Konseling kelompok, Teknik restrukturisasi kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 09 Oct 2024 03:08
Last Modified: 09 Oct 2024 03:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22033

Actions (login required)

View Item View Item