PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK NARATIF DENGAN TEKNIK EXPRESSIVE WRITING DALAM MEREDUKSI STRES AKADEMIK PADA SISWA INTROVERT DI KELAS VIII SMP N 22 KOTA BENGKULU

Yuwanka, Melinda and I Wayan, Dharmayana and Mayang, T. Afriwilda, (2024) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK NARATIF DENGAN TEKNIK EXPRESSIVE WRITING DALAM MEREDUKSI STRES AKADEMIK PADA SISWA INTROVERT DI KELAS VIII SMP N 22 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
MELINDA YUWANKA_ A1L018066 - Melinda Yuwanka.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik expressive writing dalam mereduksi stres akademik siswa introvert. Rancangan penelitian ini menggunakan eksperimen dengan one- group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Bengkulu berjumlah 57 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling yang berjumlah 9 orang siswa. Data yang dikumpulkan menggunakan inventori dan kuesioner skala Likert. Berdasarkan hasil uji validitas menggunakan aplikasi SPSS versi 24.0, diperoleh 49 butir item valid dari 81 butir item pada instrumen. Adapun butir item yang gugur atau tidak valid berjumlah 32 butir pernyataan pada instrument. Uji reliabilitas dilakukan dengan menggunakan perhitungan statistik pada program aplikasi SPSS versi 24.0 menggunakan rumus Crounbach’s Alpha dengan hasil ,941. Hasil penelitian menunjukkan nilai t= 6,236 (p<0,05) ini berarti adanya pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik expressive writing dalam mereduksi stres akademik siswa introvert. Keterbatasan dalam penelitian ini hanya menggunakan satu kelompok yaitu one group pre-test post-test design. Maka untuk peneliti selanjutnya diharapkan untuk memakai kelompok kontrol agar dapat mengetahui perbedaan antara kelompok. Kata kunci: stres akademik, konseling kelompok naratif, teknik expressive writing

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Oct 2024 02:51
Last Modified: 10 Oct 2024 02:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22082

Actions (login required)

View Item View Item