EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOMUNIKASI VERBAL SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 11 BENGKULU TENGAH

Ifanda, Atika Desya and Rita, Sinthia and Mayang, T. Afriwilda (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOMUNIKASI VERBAL SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 11 BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI ATIKA DESYA A1L019073 - ATIKA DESYA IFANDA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan pemahaman komunikasi verbal siswa di kelas VII SMP Negeri 11 Bengkulu Tengah. Pendekatan penelitian one group pre-test dan post-test design yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 11 Bengkulu Tengah yang berjumlah 60 siswa dan sampel yang digunakan berjumlah 30 orang siswa yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket komunikasi verbal dengan skala Likert. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t-test (paired sample test) yang menunjukkan pemahaman komunikasi verbal siswa, setelah diberikannya layanan bimbingan klasikal dengan nilai t = -35.281 dengan signifikansi (2-tailed) 0.000. Artinya, terdapat efektifitas layanan bimbingan klasikal terhadap pemahaman komunikasi verbal siswa. Dari hasil penelitian ini disaranakan kepada guru BK dapat memberikan layanan bimbingan klasikal kepada siswa sebagai bentuk meningkatkan pemahaman komunikasi verbal siswa. Kata Kunci : Komunikasi Verbal, Layanan Bimbingan Klasikal.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Oct 2024 02:51
Last Modified: 10 Oct 2024 02:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22084

Actions (login required)

View Item View Item