Breskila, Barbarenta and Yessy, Elita and Arsyadani, Mishbahuddin (2024) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI BARBARENTA BRESKILA - barbarenta breskila.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok teknik behavior contract untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif metode eksperimen one-group pretest-postest. Subjek penelitian berjumlah 7 orang siswa yang memiliki kedisiplinan belajar yag rendah. Teknik pengambilan data menggunakan angket kedisiplinan belajar. Teknik analisis data menggunakan Uji-t. Hasil uji-t menunjukan nilai t= -11,006 dan sig (2-tailed) 0.000 (0.000<0.05) artinya terdapat pengaruh yang signifikan layanan konseling kelompok teknik behavior contract untuk meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan skor rata-rata kedisiplinan belajar sebelum diberikan perlakuan yang berkategori rendah dan setelah diberikan perlakuan menjadi kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru bimbingan dan konseling untuk dapat menggunakan layanan konseling kelompok dengan teknik behavior contract dalam meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa. Kata Kunci : Konseling kelompok, Kedisiplinan Belajar, Behavior Contract
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 03:11 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 03:11 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22089 |
Actions (login required)
View Item |