Kurnia, Maya Dwi and Sri, Saparahayuningsih and Arsyadani, Mishbahuddin (2024) PENGARUH LAYANAN INFORMASI FORMAT KLASIKAL DENGAN TEKNIK DISKUSI TERHADAP MINAT SISWA MELANJUTKAN KE SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 22 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI MAYA DWI KURNIA - Isa Alvia.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh layanan informasi format klasikal dengan teknik diskusi terhadap minat siswa melanjutkan ke sekolah menengah kejuruan pada siswa kelas IX SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan one group pre-test post- test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 22 Kota Bengkulu yang berjumlah 58 siswa. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket minat siswa melanjutkan ke sekolah menengah kejuruan dengan model skala Likert dengan tingkat realiabilitas sebelum aitem gugur yaitu sebesar 0,931 dan setelah item gugur nilai uji reliabilitas meningkat menjadi 0,942 yang berarti instrumen angket minat siswa melanjutkan ke sekolah menengah kejuruan yang digunakan memiliki reliabilitas yang baik. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat minat siswa melanjutkan ke sekolah menengah kejuruan sebelum diberikan layanan informasi format klasikal dengan teknik diskusi skor rata-rata 90,27 dengan kategori rendah. Skor rata-rata setelah diberikan layanan informasi format klasikal dengan teknik diskusi 133,77 dengan kategori tinggi. Hasil uji-t menunjukkan nilai 22,494. Diketahui hasil penelitian ini bahwa terdapat pengaruh layanan informasi format klasikal dengan teknik diskusi terhadap minat siswa melanjutkan ke sekolah menengah kejuruan. Kata kunci: Minat Melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan, Layanan Informasi, Format Klasikal, Teknik Diskusi
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 04:58 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 04:58 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22102 |
Actions (login required)
View Item |