ANALISIS PENINGKATAN KUALITAS PRODUK JASA TRANSPORTASI BERBASIS KEINGINAN PELANGGAN PADA PO SAN BENGKULU KELAS EKSEKUTIF

Kurniati, Heny and Sri , Warsono (2009) ANALISIS PENINGKATAN KUALITAS PRODUK JASA TRANSPORTASI BERBASIS KEINGINAN PELANGGAN PADA PO SAN BENGKULU KELAS EKSEKUTIF. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
HENY KURNIATI FE-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah “ Analisis Peningkatan Kualitas Produk Jasa Transportasi Berbasis Keinginan Pelanggan Pada PO SAN Bengkulu Kelas Eksekutif ”. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan metode QFD-Quality Function Deployment dapat meningkatkan kualitas produk jasa transportasi pada PO SAN Bengkulu Kelas Eksekutif?”.Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan metode QFD dapat meningkatkan kualitas produk jasa transportasi yang diberikan PO SAN Bengkulu Kelas Eksekutif. Penelitian ini merupakan riset survey, yang bertujuan untuk mengetahui sifatsifat dari suatu keadaan yang ditempuh dengan pengambilan sampel dari suatu populasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh secara langsung dari objek penelitian. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan Accidental sampling. Metode QFD berisi tentang matrik perencanaan (skala preferensi konsumen dan benchmarking), atribut jasa, parameter teknik, respon teknis, hubungan antar atribut, prioritas teknis, kesulitan teknis, dan target yang ingin dicapai serta konflik dan sinergi yang ditimbulkan dari penjelasan teknis.Tahap-tahap dalam pengimplementasian QFD secara umum ada tiga fase antara lain: Fase pertama adalah mengumpulkan suara pelanggan, Fase kedua adalah melakukan penyusunan rumah kualitas (HOQ), dan fase ketiga adalah melakukan analisa dan interpretasi dari tahap-tahap sebelumnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada 1 atribut jasa yang dianggap sangat penting, 3 atribut jasa dianggap penting, dan 8 atribut jasa dianggap cukup penting oleh konsumen, serta 24 parameter teknik yang disediakan pihak PO SAN Bengkulu telah memberikan kepuasan sebesar 164.63. Sedangkan pesaingnya yaitu PO Bengkulu Kito sebesar 159.87 yang menunjukkan bahwa PO SAN Bengkulu lebih unggul dibandingkan dengan PO Bengkulu Kito.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 012 Adek Adek
Date Deposited: 28 Nov 2013 21:48
Last Modified: 28 Nov 2013 21:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2217

Actions (login required)

View Item View Item