Sukardi, Ekwan and Febrian, Solikhin and Wiwit, Wiwit (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
Bagi Skripsi_Ekwan Sukardi_A1F020003 - Ekwan Sukardi.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) untuk menghasilkan instrumen penilaian kognitif berbasis literasi sains yang valid dan reliabel. Instrumen penilaian dikembangkan untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kelayakan instrumen ditinjau dari validasi ahli, mendeskripsikan validitas dan reliabilitas instrumen dilihat dari validasi empiris serta mendeskripsikan kemampuan literasi sains siswa kelas XI MIPA 5 di SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. akanInstrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kebutuhan, lembar validasi dan lembar uji coba produk. Subjek penelitian ini adalah 184 dari 3 sekolah berbeda sebagai subjek validasi dan 29 siswa kelas 11 MIPA 5 di SMA Negeri 4 Kota Bengkulu tahun ajaran 2023/2024 sebagai subjek implementasi. Data penelitian diperoleh dari angket analisis kebutuhan, lembar validasi, analisis uji empiris dan analisis kemampuan literasi sains siswa. Jumlah butir soal yang dikembangkan pada instrumen ini berjumlah 23 butir soal pilihan ganda dan 10 esai. Hasil penelitian ini diperoleh: (1.) Penilaian kelayakan ahli menghasilkan 21 butir soal pilihan ganda dan 10 butir esai layak diujicobakan. (2.) Hasil analisis validitas empiris menggunakan permodelan rasch dengan bantuan program winsteps diperoleh 15 butir soal pilihan ganda dan 9 butir soal esai valid. (3.) Hasil uji reliabilitas instrumen diperoleh cronbach alpha 0,92 atau dalam kategori istimewa untuk pilihan ganda dan 0,80 atau dalam kategori bagus untuk esai. (4.) Kemampuan literasi sains siswa kelas XI MIPA 5 diperoleh 6 siswa dalam kategori cukup memuaskan dan 1 siswa dalam kategori memuaskan. Kata kunci : Instrumen penilaian kognitif, rasch, literasi sains, kesetimbangan kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 03:27 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 03:27 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22175 |
Actions (login required)
View Item |