PENGEMBANGAN E-MODUL TERINTEGRASI Socio Scientific Issue (SSI) PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Resmareta, Resmareta and Febrian, Solikhin and Rina, Elvia (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL TERINTEGRASI Socio Scientific Issue (SSI) PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Resmareta_A1F020036 - Resma Reta.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan e-modul kimia terintegrasi Socio Scientific Issue (SSI) pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan e-modul, respons peserta didik terhadap e-modul, menganalisis hasil penerapan terhadap proses pembelajaran dengan pendekatan SSI dan respons guru. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan disseminate) Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari-Maret 2024 di SMAN 4 Kota Bengkulu dengan subjek yaitu 15 orang peserta didik kelas XI MIPA 1 untuk uji coba skala kecil dan 34 peserta didik kelas XI MIPA 5 untuk uji coba skala besar. Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar wawancara, lembar validasi ahli materi dan media, angket respon peserta didik dan angket respons guru. Dari hasil penelitian ini diperoleh (1) tingkat kelayakan e-modul memiliki kategori sangat layak dengan skor pada aspek materi yaitu 4,7 dan 4,6 untuk aspek media, (2) hasil uji respons peserta didik terhadap e-modul berbasis terintegrasi SSI pada memiliki skor 4,6 dengan kategori sangat baik (3) hasil penerapan pada proses pemebelajaran dengan pendekatan Socio Scientific Issue (SSI) yang mengaitkan isu-isu sosial didapatkan sebanyak 82,35% yang mendapatkan nilai ≥ 80 (4) respons guru terhadap e-modul mendapatkan skor 4,7 dengan kategori sangat layak. Hal ini berarti e-modul yang terintegrasi SSI yang dikaji menggunakan sintaks discovery learning mengandung isu sosial di dalamnya yang dapat meningkatkan literasi peserta didik dalam keterampilan critical thinking skills dan charater. Kata Kunci : E-modul, Socio Scientific Issue, Kesetimbangan Kimia

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Oct 2024 03:38
Last Modified: 14 Oct 2024 03:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22184

Actions (login required)

View Item View Item