TRADISI BEIJAU DUSUN-LAMAN SEBAGAI DOKUMEN WARISAN BUDAYA TAK BENDA PADA MASYARAKAT SERAWAI DI KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Apriani, Della and Agustina, Emi and Sarwono, Sarwit (2024) TRADISI BEIJAU DUSUN-LAMAN SEBAGAI DOKUMEN WARISAN BUDAYA TAK BENDA PADA MASYARAKAT SERAWAI DI KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
DELLA APRIANI_A1A020013 - Della Apriani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan makna tradisi beijau dusun-laman pada masyarakat Serawai di Bengkulu Selatan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan pendokumentasian. Hasil dari penelitian ini adalah beijau dusun-laman merupakan tradisi yang dilaksanakan untuk mengesahkan sekaligus memumumkan tanggal pernikahan pada masyarakat suku Serawai di Bengkulu Selatan, selain itu juga untuk menentukan jenang pada pernikahan nantinya. Pada proses pelaksanaan tradisi beijau dusun-laman melalui beberapa tahapan yaitu 1) makan lupis, 2) pelaksanaan beijau 3) pengumuman hasil. Tradisi beijau dusun-laman memiliki makna sosial berupa gotong royong dan kerja sama, menjalin silaturahmi, saling berbagi, kedekatan dan kekerabatan, penghormatan kepada adat, dan penguatan ikatan. Masyarakat meyakini dengan pelaksanaan tradisi beijau dusun-laman akan melancarkan pesta pernikahan, kemudian hubungan dengan masyarakat sekitar akan semakin erat dan kekebaratan akan semakin muncul. Kata kunci : beij

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 14 Oct 2024 04:55
Last Modified: 14 Oct 2024 04:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22186

Actions (login required)

View Item View Item