Wardila, Dini and Kurniawan, Rio and Arono, Arono (2024) KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI DENGAN TEMA FENOMENA SOSIAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
Dini Wardila_A1A019077_Skripsi Fiks - Dini Wardila.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Keterampilan menulis puisi salah satu keterampilan yang harus kuasai siswa SMA. Keterampilan menulis puisi penting sebagai bahan evaluasi bagi guru, untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilandalam menulis teks puisi tema fenomena sosial siswa kelas X SMA Negeri 8 KotaBengkulu. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu yang beralamat jalan WR. Supratman, pematang gubernur, kota Bengkulu. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Kota Bengkulu yang berjumlah 278 siswa. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X IPS 1 yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 8 Kota Bengkulu adalah 70,67 dengan kategori baik. Rata-rata keterampilan menulis puisi berdasarkan aspek diksi adalah 27,89 dengan kategori baik, rata-rata keterampilan menulis puisi berdasarkan aspek imajinasi adalah 18,42 dengan kategori baik, rata-rata keterampilan menulis puisi berdasarkan aspek gaya bahasa 16,30 dengan katgori baik, rata-rata keterampilan menulis puisi berdasarkan tema adalah 8,06 dengan kategori dengan kategori baik. Kata kunci: keterampilan menulis puisi, fenomena sosial, siswa SMA
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 04:00 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 04:01 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22197 |
Actions (login required)
View Item |