ANALISIS BUTIR SOAL BAHASA INDONESIA PADA EVALUASI PEMBELAJARAN SUMATIF AKHIR SEMESTER KELAS X DI SMA NEGERI 02 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2022/2023

Aini, Kurata and Utomo, Padi and Kurniawan, Rio (2024) ANALISIS BUTIR SOAL BAHASA INDONESIA PADA EVALUASI PEMBELAJARAN SUMATIF AKHIR SEMESTER KELAS X DI SMA NEGERI 02 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Kurata Aini A1A020108 - Kurata Aini.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas butir soal evaluasi pembelajaran sumatif akhir semester pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas X di SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif. Data diperoleh dari hasil tes akhir semester yang diikuti oleh 76 siswa kelas X7-X8. Analisis dilakukan menggunakan perangkat lunak khusus untuk mengevaluasi validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan, daya beda, efektivitas pengecoh, dan analisis berdasarkan taksonomi bloom revisi setiap butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 40 butir soal yang dianalisis, 28 butir memiliki validitas yang tinggi, sementara 12 butir lainnya perlu direvisi. Reliabilitas tes mencapai angka 0,69 yang menunjukkan tingkat konsistensi yang sedang. Dari sisi tingkat kesukaran, 35% butir soal tergolong mudah, 45% sedang, dan 20% sukar. Analisis daya beda menunjukkan bahwa 8 butir soal memiliki daya beda yang baik, 17 butir memiliki daya beda yang cukup, sementara 15 butir perlu diperbaiki. Untuk efektivitas pengecoh 7 butir soal dinyatakan tidak efektif, dan 33 butir soal di nyatakan efektif. Analisis soal berdasarkan Taksonomi Bloom revisi menyatakan butir soal Bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 2 Kota Bengkulu tergolong kategori LOTS dengan 10% ranah kognitif berkategori C3 (Mengaplikasikan), dan 90% ranah kongnitif berkategori C1 (Mengetahui). Temuan ini memberikan masukan bagi guru untuk meningkatkan kualitas butir soal dan memastikan bahwa evaluasi pembelajaran dapat mengukur kemampuan siswa secara lebih akurat dan adil. Kata Kunci: Analisis Soal, Sumatif Akhir Semester, Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Beda, Pengecoh Soal, Ranah Kognititf

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 14 Oct 2024 04:34
Last Modified: 14 Oct 2024 04:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22232

Actions (login required)

View Item View Item