PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS THINK TALK WRITE (TTW) MATERI TEKS BIOGRAFI KELAS X SMA

Wijaya, Salwa Fasha and Ariesta, Ria and Gumono, Gumono (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS THINK TALK WRITE (TTW) MATERI TEKS BIOGRAFI KELAS X SMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Salwa Fasha Wijaya A1A020089 - Salwa fasha Wijaya.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan hasil identifikasi dokumen LKPD guru, diketahui bahwa LKPD yang digunakan oleh peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia masih terdapat kelemahan, dari segi instruksi tugas yang kurang jelas sehingga belum mampu membimbing peserta didik untuk menulis teks biografi. Oleh karena itu perlu dikembangkan LKPD menulis teks biografi yang mampu menuntut kemampuan menulis peserta didik. Tujuan penelitian ini ialah (1) mengetahui analisis kebutuhan peserta didik, (2) merancang desain pengembangan LKPD, (3) mendeskripsikan proses pengembangan LKPD berbasis think talk write pada materi teks biografi dan, (4) melaksanakan uji coba LKPD di kelas X SMA. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE: Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Penelitian dan pengembangan ini hanya sampai tahap Development (Pengembangan) tetapi LKPD tetap diuji coba. Validasi dilakukan oleh dua pakar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif berupa data hasil analisis kebutuhan, proses pengembangan LKPD, hasil validasi oleh pakar, serta data hasil respons guru dan peserta didik terhadap kepraktisan LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sudah layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia menulis teks biografi. Hal ini dilihat dari hasil validasi LKPD oleh dua pakar. Berdasarkan hasil respons peserta didik terhadap pengembangan LKPD menulis teks biografi memperoleh skor 96% dan respon dari guru memperoleh skor 95% dikategorikan dengan sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD menulis teks biografi berbasis think talk write layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), think talk write, teks biografi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 15 Oct 2024 01:18
Last Modified: 15 Oct 2024 01:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22266

Actions (login required)

View Item View Item