PENGEMBANGAN MODUL AJAR MENULIS TEKS BIOGRAFI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DI SMK NEGERI 3KOTA BENGKULU

Puspa, Resti May and Noermanzah, Noermanzah and Gumono, Gumono (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR MENULIS TEKS BIOGRAFI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DI SMK NEGERI 3KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi_Resti May Puspa A1A020056.-2 - Resti Maypuspa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Modul ajar menulis teks biografi buatan guru SMK Negeri 3 Kota Bengkulu masih belum berpusat kepada peserta didik sehingga membuat siswa masih kesulitan dalam menulis teks biografi. Oleh karena itu, perlu dikembangkan modul ajar menulis teks biografi berbasis project based learning. Untuk itu tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan modul ajar menulis teks biografi berbasis project based learning yang layak dan efektif digunakan oleh guru dan siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development model ADDIE dengan tahapan: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, kuesioner, observasi, dan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar yang diperlukan oleh guru dan siswa yaitu kegiatan pembelajaran yang berbasis project based learning. Desain yang dikembangkan dalam penelitian ini terdiri dari tiga komponen penting, yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan assesmen. Karakteristik utama pengembangan modul ajar ini yaitu pada tahapan project based learning mulai dari menentukan pertanyaan mendasar, menyusun perencanaan proyek, menyusun jadwal proyek, pelaksaan dan memonitor proyek, penilaian hasil proyek, dan evaluasi pengalaman. Modul ajar telah dimplementasi dan hasilnya efektif digunakan dengan hasil nilai uji-t thitung>ttabel yaitu 20,669>1.68830 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001<0,05. Kata kunci: Pengembangan, Modul Ajar Menulis Teks Biografi, Project Based Learning, Siswa SMK.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 15 Oct 2024 01:21
Last Modified: 15 Oct 2024 01:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22275

Actions (login required)

View Item View Item