DESKRIPSI TANYA JAWAB DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Hafifah, Roz and Kurniawan, Rio and Arifin, M. (2024) DESKRIPSI TANYA JAWAB DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI_ROZI_HAFIFAH - rozi hafifah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Deskripsi tanya jawab bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan bertanya (tanya jawab) dalam pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan Kurikulum Merdeka Belajar kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Data pada penelitian ini uraian pertanyaan guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII. Sumber data dalam penelitian ini adalah Ibu Desi Mediana Fitri, S.Pd, M.Pd. dan siswa kelas VIII 3 SMP Negeri 1 kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan rekaman. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri 4 langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam kegiatan tanya jawab yang dilakukan dikelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu terdapat 6 kali pertemuan tatap muka yang terdiri dari 107 pertanyaan guru daan 49 pertanyaan siswa, dengan analisis keterampilan bertanya dasar sebanyak 53 pertanyaan dan keterampilan bertanya lanjut sebanyak 54 pertanyaan. dan Analisis taksonomi bloom ranah kognitif pada pertanyaan guru sebagian besar masih pada tingkatan LOTS daripada tingkat HOTS yaitu C1 Mengingat dan pada pertanyaan siswa masih sama seperti pertanyaan guru yang diajukan masih dominan termasuk dalam tingkatan LOTS dibandingkan HOTS yaitu pada tingkat C1 mengingat, sehingga dapat dinyatakan bahwa pertanyaan guru dan siswa yang diajukan masih pada tingkat kognitif berpikir rendah. Kata Kunci : Deksripsi Tanya Jawab, Kurikulum Merdeka Belajar, Keterampilan Bertanya Dasar Dan Lanjut, Taksonomi Bloom Ranah Kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 15 Oct 2024 01:22
Last Modified: 15 Oct 2024 01:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22277

Actions (login required)

View Item View Item