Syafri, Fatrima Santri and Agus, Susanta and Irwan, Koto (2024) PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA DASAR DENGAN PENDEKATAN RIGOROUS MATHEMATICAL THINKING KONTEKS RUMAH IBADAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MAHASISWA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (Disertasi)
BEBAS PERPUS UNIVERSITAS FATRIMA SANTRI SYAFRI - Fatrima santri Syafri.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar matematika dasar dengan pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT) konteks rumah ibadah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika mahasiswa PGMI. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan model ADDIE. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan tes yang diberikan kepada dosen, pengelola prodi dan mahasiswa. Hasil penelitian (1) buku ajar yang dikembangkan memiliki karakteristik berupa pendekatan RMT dengan konteks rumah ibadah. (2) Desain buku ajar yang terstruktur dan kontekstual bernuansa rumah ibadah. (3) Kelayakan buku ajar memiliki tingkat validitas aiken untuk ahli materi sebesar 0,86, ahli media sebesar 0,88, ahli materi sebesar 0,91 serta tingkat kepercayaan inter rater reliability sebesar 0,837 ahli materi, ahli media sebesar 0,860, ahli Bahasa sebesar 0,806 dengan kategori kesepakatan kuat. (4) Respon mahasiswa sebesar 86% untuk aspek tampilan, penyajian materi sebesar 88%, aspek manfaat sebesar 92% dengan kategori positif atau sangat praktis. (5) Uji coba diberikan kepada mahasiswa PGMI UIN FAS Bengkulu dengan tingkat efektifitas buku ajar pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol, selanjutnya nilai N-Gain sebesar 74% kategori tinggi tingkat efektifitas pada kelas eksperimen dan sebesar 46% pada kelas control dengan kategori kurang efektif. Kata Kunci: Buku Ajar Matematika Dasar, Pemahaman Konsep Matematika, Mahasiswa PGMI, Rumah Ibadah, Rigorous Mathematical Thinking,
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 01:24 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 01:24 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22283 |
Actions (login required)
View Item |