Sidebang, Yanri Denica and Puspita, Hilda and Saputra, Dwi Bayu (2024) AN ANALYSIS OF LISTENING AND SPEAKING ACTIVITIES IN ENGLISH TEXTBOOKS ENTITLED “ENGLISH FOR NUSANTARA” FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
Skripsi yanrids +approval - Yanri Denica Sidebang.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis aktivitas mendengarkan dan berbicara yang terdapat pada buku teks siswa SMP “Bahasa Inggris untuk Nusantara” dan menemukan aktivitas mendengarkan dan berbicara yang paling dominan pada siswa SMP “Bahasa Inggris untuk Nusantara”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah buku teks “Bahasa Inggris untuk Nusantara” untuk kelas 7, 8, dan 9 SMP. Kemudian penelitian ini menggunakan instrumen checklist untuk mengumpulkan data. Selanjutnya, apabila data telah diperoleh, dianalisis menggunakan teori dari Karakas (2002) tentang jenis-jenis aktivitas Mendengarkan dan teori dari Harmer (2007) tentang aktivitas berbicara. Hasil penelitian ini: 1) Terdapat delapan jenis aktivitas mendengarkan dalam buku teks “Bahasa Inggris untuk Nusantara”, yaitu Pra-mendengarkan, Sambil mendengarkan, dan Pasca mendengarkan. 2) delapan jenis kegiatan Berbicara dalam buku ajar “Bahasa Inggris untuk Nusantara”, Pertunjukan Naskah, Roleplay dan Simulasi, Pelaporan, Diskusi dan Kerja Kelompok, Mendeskripsikan Gambar, Wawancara, Dialog, dan Presentasi. 3) sebagian besar jenis kegiatan menyimak pada buku ajar siswa kelas tujuh dan delapan adalah pasca mendengarkan dengan jumlah keseluruhan (sebesar 53,13%) dan (50%) pada kelas sembilan sambil menyimak dengan jumlah keseluruhan (sebanyak 56,13%). 67%). Jenis kegiatan berbicara yang paling banyak dalam buku teks siswa kelas tujuh adalah menampilkan naskah dengan jumlah total (31,82%), Wawancara kelas delapan dengan jumlah total (30,77%), dan kelas sembilan. Nilai Presentasi dengan jumlah keseluruhan (sebesar 33,33%). Kata Kunci : Aktivitas Mendengarkan, Aktivitas Berbicara, Buku teks
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 04:14 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 04:14 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22363 |
Actions (login required)
View Item |