PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK KELAS X SMA

Rahmawati, Rizki Nurfita and Murniati, Neni and Jumiarni, Dewi (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK KELAS X SMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Rizki Nurfita Rahmawati_A1D020041_SKRIPSI - Rizki Nurfita Rahmawati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model Borg & Gall sampai tahap ke 5, yaitu (1) Penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) Pengembangan bentuk produk, (4) Uji coba lapangan awal, (5) Revisi produk awal. Hasil penilaian desain LKPD berbasis PBL pada materi klasifikasi makhluk hidup sesuai dengan aspek indikator penilaian desain LKPD yang dinilai oleh ahli desain. Hasil validasi yang dinilai oleh ahli materi, media, dan praktisi pendidikan dengan persentase dari ahli materi 89%, media 95%, dan praktisi pendidikan 96% sehingga dapat dikategorikan sangat layak. LKPD ini memiliki respon keterbacaan sangat baik dengan persentase 97%. respon keterlaksanaan yang baik juga terhadap LKPD dengan memperoleh persentase 98% yang berarti sangat praktis. Hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa persentase hasil belajar 96% yang berarti sangat baik. Sehingga LKPD berbasis PBL pada materi klasifikasi makhluk hidup mampu memfasilitasi kemampuan peserta didik dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Klasifikasi Makhluk Hidup, LKPD, Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:05
Last Modified: 16 Oct 2024 04:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22405

Actions (login required)

View Item View Item