Darma, Muhammad Aiwa Adi and Sinthia, Rita and Mishbahuddin, Arsyadani (2024) PENGARUH LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 5 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
Bebas Perpustakaan Unib-Muhammad Aiwa Adi Darma-BK-A1L019034. - Muhammad Aiwa.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi menggunakan media powerpoint untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X 12 SMA Negeri 5 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pretest-posttest design dengan populasi 432 siswa kelas X dengan jumlah sampel 36 orang siswa dari kelas X 12 SMA Negeri 5 Kota Bengkulu yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t (paired sample t-test). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa setelah diberikannya layanan informasi sebagai treatment. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata skor sebelum diberikan treatment adalah 105 dalam kategori sedang dan setelah diberikan treatment nilai rata-rata skor menjadi 123 dalam kategori tinggi. Hasil uji t menunjukkan nilai t = -10,599 dan signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Artinya ada pengaruh layanan informasi menggunakan media powerpoint untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X 12 SMA Negeri 5 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Motivasi belajar, Layanan Informasi, powerpoint
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 04:06 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 04:06 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22420 |
Actions (login required)
View Item |