PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK CBT DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI NOMOPHOBIA PADA SISWA KELAS VIII J SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Julianti, Viona and Dharmayana, I Wayan and Suprapti, Anni (2024) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK CBT DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI NOMOPHOBIA PADA SISWA KELAS VIII J SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
DRAFT SIDANG VIONA (1) - Viona julianti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh layanan konseling kelompok CBT dengan teknik self-management untuk mereduksi nomophobia pada siswa kelas VIII J SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah Quasi Eksperiment jenis Pre-test Post-test Control Group Design dengan populasi 35 orang siswa kelas VIII J SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh 10 orang siswa menjadi sampel yang kemudian dibagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpuan data yang digunakan adalah skala model Likert kuesioner kecenderungan nomophobia. Teknik analisis data penelitian menggunakan Uji (paired sample t-test). Hasil pre-test dan post-test kelompok eksperimen menunjukkan nilai penurunan rata-rata skor dari 172,2 menjadi 110,8. Sementara, hasil pre-test dan post-test kelompok kontrol menunjukkan nilai penurunan rata�rata skor dari 173 menjadi 158,2. Hasil hipotesis dengan uji t diketahui bahwa penurunan yang dihasilkan pada kelompok eksperimen lebih besar dengan nilai 16,736 sedangkan kelompok kontrol sebesar 8,352. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka pelaksanaan layanan konseling kelompok CBT dengan teknik self�management terbukti berpengaruh untuk mereduksi nomophobia pada siswa kelas VIII J SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Kata kunci: konseling kelompok, self-management, nomophobia

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:07
Last Modified: 16 Oct 2024 04:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22424

Actions (login required)

View Item View Item