PENGARUH KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN GESTALT TEKNIK KURSI KOSONG TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU ASERTIF SISWA KORBAN BULLYING

Salsabilla, Nadaa Alya and Sinthia, Rita and Afriwilda, Mayang T (2024) PENGARUH KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN GESTALT TEKNIK KURSI KOSONG TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU ASERTIF SISWA KORBAN BULLYING. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPS)
FIKS CETAK 1_compressed - Nada Alya Salsabilla.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh konseling individu dengan pendekatan gestalt teknik kursi kosong terhadap peningkatan perilaku asertif siswa korban bullying. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Di analisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek di lakukan eksperimen peningkatan perilaku asertif siswa korban bullying sebelum di berikan layanan konseling individu, siswa korban bullying tidak mampu menolak dan menyatakan ketidaksetujuannya terhadap pendapat orang lain, atau segala sesuatu yang tidak beralasan dan cenderung bersifat negatife, tidak mampu berkomunikasi secara langsung dan bebas, tidak mampu terbuka dan jujur terhadap diri sendiri dan orang lain, tidak mampu menyatakan perasaan, baik yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan dengan cara yang tepat, tidak mampu mempertahankan hak-hak yang semestinya. Setelah di berikan layanan konseling individu perilaku asertif siswa korban bullying menjadi mampu menolak dan menyatakan ketidaksetujuannya terhadap pendapat orang lain, atau segala sesuatu yang tidak beralasan dan cenderung bersifat negative, mampu berkomunikasi secara langsung dan bebas, mampu terbuka dan jujur terhadap diri sendiri dan orang lain, mampu menyatakan perasaan, baik yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan dengan cara yang tepat, mampu mempertahankan hak-hak yang semestinya. Kata Kunci : konseling individual, gestalt, perilaku asertif, bullying, kursi kosong

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:07
Last Modified: 16 Oct 2024 04:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22427

Actions (login required)

View Item View Item