EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENCEGAH PERILAKU BULLYING PESERTA DIDIK KELAS X PM 2 DI SMK NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Fahriza, Ilham and Saparahayuningsih, Sri and Mishbahuddin, Arsyadani (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENCEGAH PERILAKU BULLYING PESERTA DIDIK KELAS X PM 2 DI SMK NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Ilham Fahriza 30 Januari 2024 F_compressed - Ilham Fahriza.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas layanan informasi menggunakan media animasi untuk mencegah perilaku bullying peserta didik kelas X PM 2 SMK Negeri 1 kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan pre-eksperimental design one group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X ULP dan PM SMK Negeri 1 kota Bengkulu berjumlah 116 siswa. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X PM 2 yang berjumlah 29 siswa yang memiliki tingkat perilaku bullying yang sangat tinggi. Pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan uji-t (paired sample test). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya penurunan perilaku bullying peserta didik. Hal ini ditunjukkan adanya dengan nilai rata-rata skor sebelum diberikan layanan 100,38 dengan kategori sangat tinggi dan setelah diberikan layanan nilai rata rata menjadi 48,66 dengan kategori sangat rendah. Hasil uji hipotesis menunjukkan t = 19.537 dan sig (2-tailed) 0,000 < 0,005 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya maka adanya efektivitas yang signifikan antara layanan informasi dengan media animasi untuk mencegah perilaku bullying. Kata Kunci: Layanan Informasi, Media Animasi, Perilaku Bullying

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:07
Last Modified: 16 Oct 2024 04:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22428

Actions (login required)

View Item View Item