PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) MENURUNKAN KECEMASAN SOSIAL SISWA SMP N 08 KOTA BENGKULU

Ananda, Fitri Rezki and Suprapti, Anni and Mishbahuddin, Arsyadani (2024) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) MENURUNKAN KECEMASAN SOSIAL SISWA SMP N 08 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI FITRI REZKI ANANDA A1L020024 - Fitri Rezki ananda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan cogntive behavioral theraphy menurunkan kecemasan sosial. Metode eksperimen dengan two group pre-test post-tes control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.4 SMP Negeri 8 Kota Bengkulu yang berjumlah 30 siswa. Sampel penelitian berjumlah 10 siswa diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kecemasan sosial dengan model skala Likert dengan tingkat realiabilitas sebelum aitem gugur yaitu sebesar 0,962 dan setelah item gugur nilai uji reliabilitas meningkat menjadi 0,967 yang berarti instrumen angket kecemasan sosial yang digunakan memiliki reliabilitas yang baik. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecemasan sosial pada siswa sebelum diberikan layanan konseling ke�lompok dengan pendekatan cognitive behavioral theraphy skor rata-rata 159 dengan kategori tinggi. Skor rata-rata kelompok eksperimen setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan cognitive behavioral theraphy 108,6 dengan kategori rendah sedangkan skor rata-rata kelompok kontrol setelah diberikan layanan konseling kelompok 150,8 dengan katagori tinggi. Hasil uji-t menunjukkan nilai -16,948. Diketahui terdapat perbandingan pada layanan konseling kelompok dengan pendekatan cognitive behavioral theraphy untuk menurunkan kecemasan sosial pada siswa antara kelompok eksperimen dan ke�lompok kontrol yang mana kelompok eksperimen lebih efektif daripada kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa hasil penelitian ini terdapat pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan cognitive behavioral theraphy untuk menurunkan kecemasan sosial siswa. Kata kunci: kecemasan sosial , layanan konseling kelompok, pendekatan cognitive behavioral theraphy

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:09
Last Modified: 16 Oct 2024 04:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22441

Actions (login required)

View Item View Item