PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI KORBAN BULLYING SISWA KELAS VIII D SMPN 7 KOTA BENGKULU

Fernando, Ghilang Wahyu Ardella and Saparahayuningsih, Sri and Sinthia, Rita (2024) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI KORBAN BULLYING SISWA KELAS VIII D SMPN 7 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Skripsi Ghilang Wahyu A.F_A1L020035 - Ghilang Wahyu Ardella Fernando.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

bullying rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) terhadap resiliensi korban bullying siswa kelas VIII D SMPN 7 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen one group pretest posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D berjumlah 5 Siswa yaitu siswa-siswi yang pernah menjadi korban bullying dikelas VIII D yang diketahui secara langsung berdasarkan Wawancara dengan Guru BK, Wali Kelas, dan salah satu Siswa kelas VIII D. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling karena pengambilan subjek ditentukan berdasarkan kriteria dan karakteristik resiliensi korban bullying siswa. Teknik pengumpulan menggunakan angket dengan skala Likert. Teknik analisis data penelitian menggunakan Uji (paired sample t-test). Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukkan adanya peningkatan resiliensi korban bullying siswa kelas VIII D setelah diberikannya layanan konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT). Hal ini dapat terlihat dari hasil pengujian hipotesis dengan hasil uji t -8.657. Artinya terdapat pengaruh resiliensi korban bullying siswa sebelum dan sesudah diberikannya layanan konseling kelompok dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk meningkatkan resiliensi korban bullying Siswa Kelas VIII D SMPN 7 Kota Bengkulu. Kata kunci : Resiliensi Korban Bullying, Konseling Kelompok, Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:09
Last Modified: 16 Oct 2024 04:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22442

Actions (login required)

View Item View Item