Nisa, Suci Khairun and Putri, Desy Hanisa and Hamdani, Dedy (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS NEARPOD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
A1E020049-SUCI KHAIRUN NISA - Suci Khairun Nisa.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang efektif berupa pengembangan media pembelajaran berbasis Nearpod yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi pemanasan global. Selain itu, penelitian ini juga bermaksud untuk menggambarkan peningkatan pemahaman konsep siswa mengenai pemanasan global setelah penggunaan media pembelajaran berbasis Nearpod. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan menerapkan model ADDIE. Instrumen yang digunakan meliputi angket, observasi, wawancara, dan tes pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor yang diperoleh adalah 82,78%, yang termasuk dalam kategori sangat layak. Dari analisis uji respon, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Nearpod memenuhi kriteria sangat baik dengan persentase 86,30%. Berdasarkan hasil perhitungan N�gain dari pretest dan posttest, diperoleh hasil sebesar 0,79, yang masuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Nearpod yang diterapkan di kelas XI SMA Negeri 4 Kota Bengkulu terbukti layak dan peningkatan pemahaman konsep yang signifikan menunjukkan bahwa media ini dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Kata kunci: Media pembelajaran, Nearpod, Pemahaman konsep, Penelitian dan Pengembangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 04:10 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 04:10 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22459 |
Actions (login required)
View Item |