PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL REALITY (VR) BERBANTUAN MILLEALAB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA KELAS XIIPA SMA

Saputri, Anida Sevana and Risdianto, Eko and Setiawan, Iwan (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL REALITY (VR) BERBANTUAN MILLEALAB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA KELAS XIIPA SMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Anida seviana S_ A1E020012_SKRIPSI PERPUS UNIB - Anida Seviana Saputri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran fisika terhadap hasil belajar.dan Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan berbantuan Millealab pada materi gelombang cahaya di kelas XI IPA SMAN 7 Kota Bengkulu.penelitian ini telah digunakan Hasil belajar siswa diketahui dengan pretest�posttest dan dihitung dengan N-Gain, berdasarkan tabel kategori pembagian n-gain score dan table kategori efektivitas N-gain skor Jika nilai N-gain score kurang dari 0.7 dan lebih dari 0,3 maka kategori yang diperoleh yaitu sedang (0,68 > 0,7 ) yang artinya efektifitasnya sedang. Lalu untuk N-gain persen nilai mean atau nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 68 kurang dari 76 persen maka tafsiran nya cukup efektif atau bisa diartikan penggunaan suatu media cukup efektif. Dari hasil data yang diperoleh, penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran fisika dengan menggunakan media Mileallab menghasilkan perbedaan, dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media Mileallab. Hal ini dapat dilihat dari rata�rata hasil belajar kelas eksperimen dengan hasil belajar yang diperoleh kelas kontrol. Perbedaan perlakuan juga menjadi faktor yang mempengaruhi hasil pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebagai kelas sampel. Kata kunci: Media Pembelajaran, millelab, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:10
Last Modified: 16 Oct 2024 04:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22460

Actions (login required)

View Item View Item