PENGARUH P EN G GU N A A N E-MODULE BERBANTUAN eXeLearning TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA KELAS XI IPA SMA

Fannesa, Roleana Safetr and Risdianto, Eko and Medriati, Rosane (2024) PENGARUH P EN G GU N A A N E-MODULE BERBANTUAN eXeLearning TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA KELAS XI IPA SMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
ROLEANA SAFETRI FANNESA_A1E020036_SKRIPSI PERPUS UNIB LENGKAP - Roleana Safetri Fannesa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Apakah adanya Pengaruh Penggunaan E-Module Berbantuan eXeLearning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Gelombang Cahaya Kelas XI IPA SMA; (2) Seberapa Besarnya Peningkatan dari Pengaruh Penggunaan E-Module Berbantuan eXeLearning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Gelombang Cahaya Kelas XI IPA SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yaitu quasi eksperimen dan desain penelitian nonequivalent control group design. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan siswa kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 di SMAN 7 Kota Bengkulu sebanyak 72 orang. Teknik pengambilan sampel berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan soal pretest dan posttest sebanyak 10 soal essai. Hasil penelitian ini menunjukkann adanya pengaruh hasil belajar antara kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan E-Module berbantuan eXeLearning dan kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran langsung menggunakan buku cetak. Rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 50,97 dan rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 45,47 sedangan setelah dilakukan proses pembelajaran hasil rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 81,14 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 78,50. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan E-Module berbantuan eXeLearning dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan metode ceramah. Kata kunci : Media Pembelajaran, E-Module, eXeLearning Hasil Belajar, Penelitian dan Pengaruh

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:10
Last Modified: 16 Oct 2024 04:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22467

Actions (login required)

View Item View Item