Rejabbilaisyah, Rejabbilaisyah and Yanti, Fitri and Agustriana, Nesna (2024) PENGEMBANGAN GAME EDUKATIF BERBASIS WORDWALL UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
Rejabbilaisyah_A1I020067 - Rejabbil Aisyah.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) |
Abstract
Sebagian anak mengalami kendala dalam mengembangkan kemampuan kognitif berpikir simbolik. Padahal kemampuan kognitif berpikir simbolik ini sangat penting untuk perkembangan anak, hal ini bisa berdampak pada berbagai aspek pembelajaran, termasuk kemampuan membaca, menulis, dan memecahkan masalah matematika. Selain itu, media pembelajaran yang digunakan masih kelasik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media Game Edukatif Berbasis Wordwall serta menguji kelayakan sebagai media pembelajaran untuk menstimulasi kemampuan berpikir simbolik anak. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan dari Borg and Gall. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang divalidasi oleh ahli media, ahli materi, serta guru dan observasi. Hasil penilaian dari ahli media, ahli materi, dan penilaian guru memperoleh tingkat kevalidan dengan kategori sangat layak. Hasil observasi anak juga menunjukkan bahwa media game edukatif berbasis wordwall ini efektif untuk menstimulasi perkembangan kognitif bagi anak usia 5-6 tahun. Dengan demikian, penelitian ini memiliki manfaat untuk memberikan kontribusi yang berarti bagi bidang pendidikan anak usia dini, khususnya dalam mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif untuk menstimulasi kemampuan berpikir simbolik. Kata Kunci : Berpikir Simbolik, Edukatif, Menstimulasi, Pengembangan Game Wordwall.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 01:31 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 01:31 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22546 |
Actions (login required)
View Item |