Andesta, Cindy and Suryadi, Didik and Daryati, Melia Eka (2024) ANALISIS PERBEDAAN KEMAMPUAN PROSOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN KELOMPOK B DITINJAU DARI TEMPAT TINGGAL DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
Skripsi Cindy Andesta - Cindy Andesta.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Perilaku prososial merupakan tindakan untuk memberi manfaat kepada orang lain serta tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perbedaan perilaku prososial anak usia 5 – 6 tahun yang tinggal yang jauh dari pasar dan dekat dari pasar di Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif komparatif. Populasi berjumlah 339 anak dan sampel yang digunakan 10% maka didapatkan 34 anak dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner. Analisis data penelitian adalah Independent Sampel T test. Hasil penelitian menunjukkan perilaku prososial dari 5 sub indikator (menolong, bekerjasama, berbagi perasaan, bertindak jujur, Berderma) di daerah yang jauh dari pasar dengan rata-rata 3.15 pada kriteria tinggi, sedangkan daerah dekat dari pasar dengan rata-rata 2,76 pada kriteria tinggi. Pada daerah jauh dari pasar nilai signifikan sebesar 0.02 < 0.05, dan daerah dekat dari pasar sebesar 0.02 < 0.05 disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara perilaku prososial anak usia 5 – 6 tahun yang tinggal yang jauh dari pasar dan dekat dari pasar di Kota Bengkulu. Kata kunci: Perilaku Prososial, Lingkunga Tempat Tinggal, Pasar
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 02:11 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 02:11 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22551 |
Actions (login required)
View Item |