Indriani, Putri and Suryadi, Didik and Agustriana, Nesna (2024) ANALISIS PERBEDAAN KEMANDIRIAN ANAK LAKI-LAKI DAN ANAK PEREMPUAN USIA 5--6 TAHUN DI KECAMATAN RATU AGUNG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI_PUTRI INDRIANI FINNAL - Putri Indriani.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Sikap kemandirian anak usia 5--6 tahun belum berkembang sempurna, jika ditinjau dari anak laki-laki dan anak perempuan. Aspek kemandirian yang diteliti ialah kemandirian fisik dan kemandirian sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemandirian anak laki-laki dan anak perempuan usia 5— 6 tahun di Kecamatan Ratu Agung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif desain ex de facto. Jumlah sampel 380 anak dari delapan TK di Kecamatan Ratu Agung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan mann-whitney dan bantuan SPSS versi 16.0. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan Hₒ ditolak dan Hα diterima, dengan nilai sig 0,000, sehingga dapat diambil simpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemandirian anak laki-laki dan anak prempuan usia 5—6 tahun di TK yang ada di Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu. Disarankan (1) kepada guru untuk memberikan stimulasi pada anak agar kemampuan kemandirian anak lebih baik dan (2) kepada peneliti selanjutnya sebagai acuan informasi untuk penelitian selanjutnya.Kata Kunci : Perbedaan Kemandirian, Anak Laki-Laki Dan Perempuan, Kemandirian anak usia 5-6 tahun.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 02:51 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 02:51 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22577 |
Actions (login required)
View Item |